10 Film Indonesia terbaik tahun 2011 versi Cinemaylo!


1. Sang Penari

Release Date : November 10, 2011

Director : Ifa Isfansyah.

Cast : Prisia Nasution, Dewi Irawan, Oka Antara, Slamet Rahardjo, Landung Simatupang, Hendro Djarot, Happy Salma, Teuku Rifnu Wikana, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi.

Comment : Film kedua Ifa Isfansyah yang diangkat dari novel best seller karya Ahmad Tohari berjudul ‘Ronggeng Dukuh Paruk’ ini berhasil menyuguhkan cerita cerita yang begitu apik di sebuah di desa miskin di Indonesia pada tahun 1960. Tata artistik nya begitu memukau didukung dengan Tata musik yang sempurna membuat filmnya tampil sebagai Film Indonesia terbaik pada tahun 2011.

Award : (FFI 2011) : Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

(MMA 2011) : Film Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Tata Musik Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Aktor Terfavorit, Aktris Terfavorit, Pendatang Baru Terfavorit.

2. Arisan 2

Release Date : December 1, 2011

Director : Nia Dinata.

Cast : Tora Sudiro, Cut Mini, Rachel Maryam, Aida Nurmala, Surya Saputra, Rio Dewanto, Sarah Sechan, Atiqah Hasiholan, Adinia Wirasti, Pong Hardjatmo, Edward Gunawan, Ria Irawan.

Comment : 8 tahun bukan waktu yang sebentar. Setelah kesuksesan Arisan 1, dan diikuti dengan serial tv nya, Arisan 2 dirilis di akhir bulan di tahun 2011. Jeda waktu yang begitu lama tidak membuat filmnya kehilangan citra. Penambahan tokoh-tokoh baru justru semakin memberikan warna. Nia Dinata meramu cerita dengan begitu sempurna sehingga penonton tetap bisa menikmati sekuel ini, sama dengan prekuelnya.

Award : (MMA 2011) : Penulis Skenario Terbaik.

 3. Tendangan Dari Langit

Release Date : August 26, 2011

Director : Hanung Bramantyo.

Cast : Yosie Kristanto,  Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Maudy Ayunda, Giorgino Abraham, Jordi Onsu, Joshua Suherman, Agus Kuncoro, Sujiwo Tejo, Natasha Chairani, Mathias Muchus.

Comment : Filmnya sendiri memang tidak mengangkat tema yang baru, namun filmnya mampu membuat penonton ikut merasakan suka-duka Wahyu dalam mengejar cita-citanya. Ost. yang di tambal grup band Kotak semakin membuat filmnya begitu manis untuk ditonton.

Award : (FFI 2011) : Tata Artistik Terbaik.

(MMA 2011) : Soundtrack Film Terbaik.

4.  (?)

Release Date : 7 April 2011

Director : Hanung Bramantyo.

Cast : Reza Rahadian, Revalina S. Temat, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto, Hengky Solaiman, Deddy Sutomo.

Comment : Menuai banyak pro dan juga kontra. Terlepas dari segala kontra yang ada, Tanda Tanya beruntung memiliki jajaran pemain yang berkualitas, apalagi Agus Kuncoro yang bermain sangat baik dalam film religi ke-5 dari Hanung Bramantyo. Beliau juga berhasil memperlihatkan perbedaan antara agama Islam dengan agama lain dengan cukup baik.

Award : (FFI 2011) :  Tata Sinematografi Terbaik.

(MMA 2011) : Aktor Pendukung Terbaik, Penata Suara Terbaik, Film Terfavorit, Aktor Pendukung Terfavorit.

5. The Mirror Never Lies

Release Date :

Director : Kamila Andini.

Cast : Atiqah Hasiholan, Reza Rahadian, Gita Novalista, Eko, Zainal, Halwiyah, Darsono.

Comment : Tidak asing dengan nama Garin Nugroho, Kamila Andini putri dari sutradara film Under The Three membesut film pertamanya di bulan Mei. Menampilkan bintang sekelas Atiqah Hasiholan dan Reza Rahadian serta pendatang baru Gita Novalista, The Mirror Never Lies menjadi sebuah debut yang brilian.

Award : (FFI 2011) : Tata Musik Terbaik, Cerita Asli Terbaik, Sutradara Pendatang Baru.

(MMA 2011) : Penata Sinematografi Terbaik.

6. Kentut

Release Date : June 1, 2011

Director : Aria Kusumadewa.

Cast : Deddy Mizwar, Ira Wibowo, Keke Soeryo, Cok Simbara, Iis Dahlia, Rahman Yakob, Hengky Tornando, Anwar Fuady, Zairin Zain, Medina Kamil.

Comment : Setelah berhasil merengkuh Piala Citra sebagai sutradara terbaik FFI 2009, Aria Kusumadewa kembali ditahun 2011. Komedi satir yang sukses menyampaikan pesan-pesan kepada pihak dimaksud membuat film Kentut menjadi salah satu film indonesia terbaik ditahun 2011 versi Cinemaylo Movie Blog.

Award : (FFI 2011) : Nominator Penata Suara Terbaik.

7. Batas

Release Date : May 19, 2011

Director : Rudi Soedjarwo.

Cast : Marcella Zalianty,  Arifin Putra, Ardina Rasti, Jajang C Noer, Piet Pagau, Marcell Domits, Alifyandra, Otig Pakis, Tetty Liz Indriati.

Comment : Diproduseri aktris peraih piala citra, Marcella Zalianty, film ke 19 Rudi Soedjarwo adalah film yang bercerita tentang perbatasan Indonesia-Malaysia. Menuai banyak pro dan kontra Batas yang menggelar sayembara untuk design poster filmnya adalah salah satu karya yang wajib menjadi koleksi film Indonesia.

Award :  (FFI 2011) : Nominator Pengarah Artistik Terbaik.

(MMA 2011) : Nominator Penata Artistik Terbaik.

8. Catatan Harian Si Boy

Release Date : July 1, 2011

Director : Putrama Tuta.

Cast : Ario Bayu, Carissa Putri, Poppy Sovia, Abimana Aryasatya, Albert Halim, Tara Basro, Paul Foster, Onky Alexander, Didi Petet, Btari Karlinda.

Comment : Memukau di bulan Juli dimana film-film indonesia yang tayang sebelumnya banyak yang mengecewakan menjadikan film debut Putrama Tuta ini sebagai salah satu kandidat terkuat dalam Festival Film Indonesia 2011. Meskipun akhirnya gagal mendapat spot untuk kategori film terbaik, Catatan Harian Si Boy berhasil membawa pulang Piala Citra, Penyunting Gambar Terbaik untuk Aline Jusria dan Dinda Amanda, dimana di tahun sebelumnya Aline Jusria memenangkan piala untuk kategori yang sama dalam film Minggu Pagi Di Victoria Park.

Award : (FFI 2011) : Penyunting Gambar Terbaik.

(MMA 2011) : Penyunting Gambar Terbaik, Aktris Pendukung Terfavorit.

9. The Perfect House

Release Date : October 27, 2011

Director : Affandi Abdul Rachman.

Cast : Cathy Sharon, Bella Esperance, Mike Lucock, Endy Arfian, Wanda Nizar.

Comment : Dengan Tata Artistik dan Alur yang berhasil dijaga dengan baik selama filmnya berlangsung, tidak berlebihan jika The Perfect House disebut sebagai angin segar didalam gempuran film horror dan slasher yang mengandalkan aktris yang mengekspos aurat sebagai bahan promosi filmnya.

Award : (MMA 2011) : Nominator Penata Suara Terbaik.

10. Surat Kecil Untuk Tuhan

Release Date : July 7, 2011

Director : Harris Nizam.

Cast : Dinda Hauw, Alex Komang, Esa Sigit, Ranty Purnamasari, Dwi Andhika, Egi John.

Comment : Diangkat dari novel best seller karya Agnes Davonar film ini menambah daftar panjang film based on novel. Film yang dirilis di pertengahan tahun ini menjadi film dengan pendapatan terbesar ditahun 2011. Menampilkan Dinda Hauw yang berhasil mencuri perhatian dan Alex Komang yang bermain apik, Surat Kecil Untuk Tuhan, salah satu film yang sayang dilewatkan.

Award : (FFI 2011) : Nominator Pemeran Utama Wanita Terbaik, Nominator Pemeran Utama Pria Terbaik, Nominator Penata Musik Terbaik.

(MMA 2011) : Aktris Terbaik, Pendatang  Baru Terbaik.

Iklan