Review : Contraband (2012)


Universal Pictures

Cast : Mark Wahlberg, Kate Beckinsale, Caleb Landry Jones, Ben Foster, Giovanni Risibi, Lukas Haas, J.K Simmons, Diego Luna, Robert Wahlberg.

Director : Baltasar Kormakur.

Running Time : 110 minutes.

Rate Description :
O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good -/ 5 : Recomended!!

 

Mark Wahlberg. Aktor yang seingat saya mengalami up and down di beberapa filmnya. The Departed, film yang memberinya banyak nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan untuk kategori aktor pendukung, sementara film terbaik lainnya adalah The Fighter (2010) yang juga dinominasikan sebagai film terbaik di Academy Award 2010. Keberhasilan yang sangat kontras dengan down-nya dia dalam The Happening (2008) dan semakin gagal dalam Max Payne di tahun yang sama. Setelah absen ditahun 2011, ia kembali dengan Contraband diawal tahun 2012.

Chris Farraday (Mark Wahlberg) yang dulunya adalah seorang yang kriminal, telah lama meninggalkan aktivitasnya tersebut. Namun setelah adik istrinya, Andy (Caleb Landry Jones) menggagalkan kesepakatan jual beli obat terlarang dengan bos yang kejam, Tim Briggs (Giovanni Ribisi), Chris dengan terpaksa kembali melakukan keahliannya, penyelundupan, semata-mata untuk menolong Andy yang terjerat hutang yang besar. Chris kemudian mengumpulkan kru dan atas bantuan sahabatnya, Sebastian (Ben Foster), ia menuju Panama untuk mengambil dollar palsu yang ia pesan. Dalam waktu yang tidak banyak, Chris harus menggunakan segala keterampilannya agar istrinya, Kate (Kate Beckinsale) dan anak-anaknya yang menjadi terget, dapat ia selamatkan.

Masih perihal Wahlberg, karakter Farraday yang diperankannya bukalah suatu makanan baru bagi dirinya, sehingga membuat ia terkesan biasa-biasa saja namun sebenarnya berada dilevel yang aman. Hal yang sama juga terjadi pada Kate Beckinsale (yang memerankan karakter sesuai namanya sendiri), terlepas dari penampilannya yang tidak terlalu dominan, ia menyuguhkan akting yang pas, tidak berlebihan dan sangat aman.

Formula yang digunakan sudah sangat sering diangkat dalam film bergenre sejenis, termasuk yang paling baru adalah Seeking Justice (Nicholas Cage). Seorang pria yang terjebak dalam suatu masalah dan melakukan apapun demi menyelamatkan orang yang dicintainya, tentunya bukanlah hal yang baru. Namun kabar baiknya adalah, Contraband berhasil menuntaskan tugasnya dengan sangat baik. Plot cerita yang pasaran mampu dikemas dalam sajian yang apik dan jauh dari kesan membosankan. Point inilah yang akan membuat penonton akan terus setia mengikuti dari awal sampai filmnya berakhir. Baltasar Kormakur melahirkan sebuah film action-drama yang cukup memikat.

Iklan