Review : The Muppets (2011)


Walt Disney Pictures

Cast : Jason Segel, Amy Adams, Chris Cooper, Rashida Jones, Jack Black, Emily Blunt.

Director : James Bobin

Running Time : 103 minutes

Rate Description :
O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good -/ 5 : Recomended!!

 

Tidak banyak hal yang dapat saya utarakan dalam menulis review film The Muppets. Film yang begitu mendunia dan sangat terkenal di era 70-an. Sebagai orang yang lahir bukan pada masa kejayaan muppets saya justru sangat bisa menerima film ini dan bahkan ingin merasakan menonton The Muppets di masa itu. Tentunya akan menjadi hal yang berbeda yang pernah saya rasakan jika hal tersebut bisa terjadi.

Walter, penggemar berat The Muppets berlibur ke Los Angeles, bersama temannya Gary (Jason Segel) dan Maria (Amy Adams) berangkat dari Smalltown, Amerika Serikat berlibur ke Los Angeles sekaligus berencena mengunjungi Muppets Studio. Sesampainya disana,  mereka mendapati Muppets Studio telah ditutup . Mereka kemudian menemukan rencana jahat pengusaha minyak Tex Richman (Chris Cooper) untuk meruntuhkan Muppet Studio, dimana The Muppets mengetahui bahwa Tex mengincar ladang minyak yang berada persis dibawah gedung teater tersebut. Walter kemudian berusaha mencari Kermit dan mengumpulkan para muppet untuk mengadakan pertunjukan amal agar Muppet Studio akan kembali ke tangan The Muppets. Disamping itu, Maria malah merasa Gary melupakan niatnya untuk berlibur bersamanya dan lebih mengupayakan kembalinya The Muppets.

The Muppets bukan film tanpa kekurangan. Kekurangan yang saya maksudkan adalah tidak adanya subtitle indonesia disaat tokoh-tokoh melantunkan lagu yang juga menjadi bagian dari ceritanya. Hal ini mungkin bukan suatu kesalahan yang fatal bagi sebagian orang. Namun bagi penonton yang kurang fasih dalam berbahasa inggris apalagi untuk penonton anak-anak, mungkin akan mempertanyakan apa arti dari lagu-lagu yang notabene juga menjelaskan tentang filmnya secara utuh.

Terlepas dari perihal subtitle tadi, The Muppets dari segi cast, dan secara keseluruhan adalah film yang sangat menggugah dan begitu kaya akan hiburan. James Bobin mampu membawa para muppets dengan gaya yang disesuaikan dengan zaman sekarang. Kecerdasan lain yang mampu mengundang tawa adalah tingkah Miss Piggy yang dalam film ini diceritakan sebagai editor majalah Vogue lengkap dengan  rambut yang menyerupai Anna Wintour, editor majalah fashion yang mendunia yang juga bekerja untuk Vogue. Semua point yang dari awal ditata begitu baik oleh para pembuatnya adalah nilai besar The Muppets untuk meraih hati para penonton, baik bagi penonton baru seperti saya atau bahkan penonton yang telah mengikuti perjalanan para muppets itu sendiri.

Iklan