Review : Chronicle (2012)


20th Century Fox

Cast : Dane DeeHan, Michael B. Jordan, Alex Russel, Michael Kelly, Ashley Hinshaw, Anna Wod.

Director : Josh Trank

Running Time : 83 minutes.

Rate Description :
O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good -/ 5 : Recomended!!

Bujet yang terbatas, ending yang menggantung, bintang-bintang yang masih asing namanya, tekhnik pengambilan gambar bergaya dokumenter adalah sebagian dari ciri khas film dengan formula found footage. Berapa banyak film dengan formula found footage yang telah dirilis? Sudah banyak tentunya. Namun apa keistimewaan Chronicle, film yang dibesut oleh sutradara yang masih hijau?

Berkutat pada 3 orang siswa SMA yang berteman baik, Andrew (DeeHan), Steve (Jordan), dan Matt (Russel) yang secara tidak sengaja menemukan sumber kekuatan supranatural yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Semenjak saat itu kehidupan mereka berubah. Persahabatan mereka pun diisi dengan keegoisan yang akhirnya mengakibatkan tewasnya Steve. Pasca kematian Steve, Andrew malah makin menjadi-jadi. Ia berubah menjadi sosok yang lain, yang jahat akan orang-orang didekatnya. Hal ini membuat Matt turun tangan untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

Berdurasi singkat 83 menit, Chronicle mampu tampil begitu memikat penonton. Disela-sela menonton film ini, penonton dijamin akan ternganga akan kejadian yang terjadi pada film ini terlebih pada menit ke 30 akhir. Selain formatnya yang juga kental dengan format dokumenter, para cast yang terlibat difilm ini tak ada satupun yang telah memiliki nama yang besar. Namun kemampuan Dane DeeHan, Michael B. Jordan, Alex Russel dalam membangun karakter mereka masing-masing dapat dikatakan berhasil. Kerja keras Trank mampu memenuhi ekspektasi banyak pihak, dan Chronicle adalah titik tolak seorang Trank sebagai sineas handal.

Perihal potensi keberhasilan di tangga box office, nampaknya Chronicle akan mudah melenggang sukses dengan melihat bahwa film-film sejenis yang sudah muncul, The Blair Witch Project, Cloverfield, hingga saga Paranormal Activity berhasil mencapai sukses komersil. Semuanya tergantung dari efektivitas yang ada serta strategi pemasaran pihak kreator sendiri. Yang pasti, berkat jajaran cast yang bermain cukup baik, dan eksekusi yang tidak sembarang, Chronicle menjadi salah satu film found footage terbaik yang pernah ada, setidaknya menurut saya.

Iklan