Review : The Grey (2012)


Cast : Liam Neeson, Frank Grillo, Dermot Mulroney, Dallas Roberts, Joe Anderson, Anne Openshaw, Ben Bray, Jacob Blair.

Director : Joe Carnahan

Genre : Adventure / Drama.

Running Time : 117 minutes.

Rate Description : O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Recomended!!

Peluang sebuah film untuk sukses tidak lepas dari tema yang diangkat. Sejatinya, setiap tema dalam film telah memiliki tempat dihati penonton film. Bagaimana dengan tema manusia dan alam? Tidak jarang hollywood mengangkat tema sejenis seperti yang sebelumnya pernah terjadi pada film Into ‘The Wild’ dan juga ‘Cast Away’. Setelah bekerja sama dalam film ‘The A-Team’, Joe Carnahan kembali menggandeng Liam Neeson untuk memerankan tokoh yang sempat berada ditangan Bradley Cooper yang sama-sama terlibat dalam film aksi ‘The A-Team’.

Bercerita tentang Ottway (Liam Neeson), seorang pegawai di Alaska yang bekerja sebagai sniper untuk melindungi perusahaan minyak dari serangan serigala. Pesawat yang bertujuan ke Anchorage kemudian mengalami kecelakaan sehingga terjatuh di sebuah hutan di Alaska yang memaksa Ottway dan 6 orang lain yang selamat untuk bertahan hidup ditengah hutan yang dingin, dan buas. Mereka berjuang dengan jumlah yang berkurang satu persatu akibat terkaman serigala yang mematikan.

Film kelima yang disutradarai Joe Carnahan yang sering bertindak sebagai produser dan penulis naskah film, menyelesaikan film ini dengan sangat rapi. Walaupun petualangan bertahan hidup di alam yang buas bukan hal yang baru, Carnahan yang juga menulis skenario untuk film ini bersama Ian McKenzie Jeffers, mampu menggiring penonton untuk merasakan ketegangan luar biasa. Tidak hanya dalam adegan yang memang di set untuk tujuan memberikan ketegangan dalam menonton tapi juga unsur drama yang di titikberatkan kepada tokoh Ottway juga sangat kuat dan berhasil memainkan emosi saya sebagai penonton. Penggambaran karakter kelompok manusia yang mencoba bertahan hidup juga dilakukan cukup baik. Mulai dari yang berani, penakut dan munafik.

Liam Neeson yang memang saya kagumi di beberapa film terdahulunya, kembali mendulang sukses yang sama dalam memerankan tokoh sentral film ini. Lihat adegan Ottway yang memohon pertolongan Tuhan sambil menitikkan air mata. Sungguh sangat mengharukan.

The Grey adalah petualangan yang banyak memberikan pelajaran melalui dialog-dialog yang sangat cerdas. Digunakannya serigala asli dan adegan demi adegan yang bergulir dengan baik akan membuat penonton tegang, takut dan juga terharu. Film yang sangat sukses memainkan emosi penontontonnya. Setidaknya itu menurut saya.

Iklan