Review : Dilema (2012)


Cast : Reza Rahadian, Pevita Pearce, Roy Marten, Ario Bayu, Slamet Rahardjo, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, Baim Wong, Winky Wiryawan, Lukman Sardhi, Abimana Aryasatya, Jajang C. Noer, Ray Sahetapy.

Directors :Robert Ronny, Robby Ertanto Soediskam, Adilla Dimitri, Yudi Datau, Rinaldy Puspoyo.

Genre : Drama / Thriller.

Running Time : 90 minutes.

Release Date : February 23, 2012.

Rate Description : O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Recomended!!

Sebelumnya telah lahir ‘Kuldesak’ di tahun 1998, ‘Perempuan Punya Cerita’ yang merupakan 4 kumpulan film dengan menggunakan perspektif perempuan, ‘Takut : Faces of fear’ antologi horor yang terdiri dari 7 sutradara dan 6 cerita, dan jua ‘Jakarta Maghrib’ yang merangkup maghrib sebagai waktu spesial yang telah lama menebar anggapan ke tengah masyarakat. Formula menggabungkan beberapa cerita menjadi satu film kali ini ditempuh film yang diproduseri oleh aktris kawakan Wulan Guritno. Sempat menjadi peserta FFI 2011 yang pada akhirnya resign dengan beberapa alasan salah satunya masih dalam proses penyelesaian, ‘Dilema’ akhirnya dirilis di akhir bulan februari 2012.

Dilema terbagi dalam 5 judul cerita diantaranya ‘The Big Boss’ yang disutradarai Rinaldy Puspoyo, ‘The Officer’ oleh Adilla Dimitri, ‘Rendezvouz’ oleh Yudi Datau, serta ‘The Gambler’ dan ‘Garis Keras’ yang masing-masing dibesut oleh Robert Ronny dan Robby Ertanto.

Bukan perkara mudah untuk melakukan formula seperti yang telah saya sebutkan diatas. Kerjasama antar beberapa sutradara filmnya yang solid membuat seluruh elemen cerita yang diangkat menjadi satu kesatuan yang saling mengikat dan hadirlah sebuah tontonan menarik. Hal tersebut juga tak luput dari peran Tya Subiakto sebagai music director yang turut memberi nafas untuk film ini meskipun dari gambar-gambar yang disuguhkan, ‘Dilema’ kurang melakukan permainan dalam warna.

Penampilan yang memuaskan dari para cast turut menambah point demi point untuk film ini. Bahkan sang produser, Wulan Guritno rela memangkas rambutnya untuk memerankan tokoh Rima bersama Pevita Pearce yang dalam film ini tampil lebih berani dari film-film terdahulunya. Nama-nama seperti Roy Marten, Jajang C Noer, Reza Rahadian, Slamet Rahardjo, Tio Pakusadewo dan Lukman Sardhi rasanya sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kredibilitas beraktingnya. Merekalah yang membuat film ini hidup dan berkesan.

Pada akhirnya, kualitas tetap berbicara. Dilema adalah film omnibus bercerita tentang kota Jakarta dengan segala karakter, takdir, kebaikan, kejahatan, cinta dan ambisi yang digambarkan begitu lugas dan mampu tampil brilian sehingga tidak  berlebihan jika saya mengatakan bahwa Dilema adalah salah satu film Indonesia yang sampai saat ini memimpin untuk tahun 2012.

Iklan