Review : Durable Love (2012)


Cast : Karina Salim & Sadha Triyudha.

Director & Writer : Joko Anwar.

Genre : Drama / Comedy / Romance.

Running Time : 11 minutes.

Rate Description : O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Recomended!!

Menonton film dengan durasi yang panjang adalah hal yang lumrah kita lakukan. Umumnya film yang kita tonton dibioskop maupun film televisi berdurasi 60-120 menit bahkan biasanya melebihi itu. Namun tidak jarang dengan durasi sepanjang itu, penonton kadang mengalami ketidakpuasan. Ketidakpuasan itu muncul karena berbagai hal. Misal, pemainnya buruk, ceritanya basi, endingnya biasa, sampai kegagalan filmnya secara utuh dalam menyampaikan pesan yang dimaksudkan.

Bagaimana dengan film pendek? Tidak sedikit yang berpendapat bahwa selain berdurasi singkat, film pendek terkadang lebih mampu menyampaikan pesan di film tersebut dengan tegas.

Durable Love, film pendek yang baru saja saya saksikan. Film pendek yang karya sutradara Joko Anwar yang tahun ini kembali hadir dalam ‘Modus Anomali’. Durable Love ia persembahkan untuk valentine tahun ini. Meskipun hanya berdurasi 11 menit lebih, Durable Love dengan lugasnya menampilkan sebuah film yang menarik, menghibur, dan realistis. Lewat cast yang jumlahnya dua orang, Durable Love mampu mengundang  simpati dan juga tawa yang begitu tulus. Anda akan digiring untuk menyetujui segala hal yang dijabarkan dalam film ini. Dan saya pun setuju.

Karina Salim yang memegang posisi nomor satu di film ini benar-benar menghidupkan karakter yang mengurai pandangan tentang kehidupan dan percintaan. Sementara Sardha Triyudha yang sebelumnya bermain di film panjang Keramat dan Modus Anomali tahun ini, mampu melengkapi dan menginterpretasikan karakter pria yang serius dengan terus-terusan berkutat pada laptopnya.

Dialog-dialog yang cerdas namun kekinian mengantar semua point tersampaikan dengan amat baik. Sebuah film pendek yang nyata dan sederhana. Kesederhanaan yang membuat Durable Love terasa begitu mengesankan. Geek itu Sexy! SELAMAT MENONTON!

Iklan