Review : The Hunger Games (2012)


Cast : Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Lenny Kravitz, Stanley Tucci, Donald Sutherland.

Director : Gary Ross

Genre : Action, Drama, Sci-fi.

Running Time : 142 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

The Hunger Games yang diangkat dari novel Suzanne Collins sesungguhnya ada novel bertemakan dewasa yang pertama kali diterbitkan pada September 2008. Sejak dirilis awal, novel tersebut kemudian diterjemahkan kedalam 26 bahasa dan hak produksinya terjual di 38 negara. The Hunger Games yang mendapat tanggapan positif dari berbagai orang kemudian diangkat menjadi film layar lebar yang diproduseri dan naskahnya ditulis Suzanne Collins, disutradarai oleh Gary Ross. Dalam penggarapannya, Gary Ross dan sang penulis novel memberikan beberapa sentuhan dan perubahan dari novel ke dalam filmnya sehingga kekerasan yang terdapat dalam novelnya tidak perlu anda takutkan.

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) menjadi sukarelawan demi adiknya Primros Everdeen (Willow Shileds) yang secara acak mewakili district 12 dalam sebuah ajang tahunan semacam reality show yang dinamai The Hunger Games. Disana mereka akan mempertaruhkan hidup dan mati karena dari 12 distrct, masing-masing mempunyai 2 perwakilan terdiri dari laki-laki dan perempuan (disebut tribute), yang artinya 24 orang dimana hanya akan ada 1 orang yang tetap hidup dan dinyatakan sebagai pemenang. Katniss Everdeen dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) serta tribute lain berusaha bertahan hidup dari kerasnya persaingan yang memberikan dua pilihan, hidup atau mati.

Menyaksikan film ini seperti menjadi sebuah petualangan yang menyenangkan. Pengambilan gambarnya kebanyakan menggunakan tekhnik handheld. Entah karena alasan apa yang jelas tekhnik tersebut membuat nuansa ‘reality show’ dalam film ini sangat sukses dibangun. Penonton seakan ikut merasakan ketegangan dalam perjuangan para tribute dalam menyelamatkan dirinya.

Jennifer Lawrence yang memerankan Katniss mampu menunjukkan kapan karakter tersebut  ketakutan, kesedihan, dan bersemangat menghadapi medan hidup dan mati dengan sangat baik. Maka, pernah mendapat nominasi Oscar untuk kategori aktris terbaik bukanlah hal yang mengherankan. Begitupun Josh Huthcher dengan tokoh Peeta yang ia perankan dengan pas. Tidak ada masalah yang terjadi pada seluruh cast.

Kesuksesan penting yang saya rasakan bukan hanya karena keberhasilan Gary Ross dalam mendirect para pemainnya melainkan ia juga mampu menjaga keutuhan cerita meskipun dengan durasi yang sangat berpotensi membuat penonton kelelahan. Kabar baiknya, The Hunger Games punya sajian yang mengoptimalkan penonton agar terus menyaksikannya dari awal sampai filmnya berakhir. Selebihnya, The Hunger Games adalah film yang didalamnya terdapat banyak pesan moral dan kaya akan kualitas. Sebuah paket komplit untuk franchise terbaru yang siap untuk dinantikan kelanjutannya.

Iklan