Review : Love is U (2012)


Cast : Cherrybelle, Panca Makmun, Kevin Leonardo, Fifie Buntara.

Director : Hanny R. Saputra

Genre : Drama.

Running Time : 80 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Sejak kemunculan boyband Smash yang fenomenal, blantika musik Indonesia kemudian diikuti dengan hadirnya girlband 7 Icons. Seolah latah dengan musim ini, berbagai grup dengan konsep boy-girlband pun semakin menjamur. Acara tv didominasi grup dengan berbagai macam tampilan. Namun dari banyaknya boy-girlband yang beredar, Cherrybelle bisa disebut adalah grup yang cukup banyak menarik perhatian dibanding grup-grup khususnya girlband yang lain. Selain lagunya yang catchy, aksi panggung yang gampang diingat, materi personil Cherrybelle juga sering menjadi tiruan bagi banyak orang. Hal tersebut cukup menjadi alasan  mengapa Cherrybelle sampai dibuatkan versi filmnya.

Love is U bercerita tentang 9 gadis yang terpilih untuk pembentukan sebuah girlband. Kesembilan gadis yang terdiri dari Cherly, Anisa, Wenda, Angel, Auryn, Christy, Devi, Felly, dan Cynthia. Mereka memiliki kebiasaan yang berbeda. Akhirnya mereka sering terlibat dalam konflik. Victor sang manajer tentu khawatir akan hal ini. Victor kemudian menyatukan gadis-gadis tersebut kedalam sebuah apartment. Disana mereka berlatih vocal, tari dan juga belajar tentang arti persahabatan. Disana pula mereka mengurai masalah mereka masing-masing dan mencoba menyelesaikannya dengan kebersamaan.

Tidak bisa dipungkiri, Cherrybelle memiliki magnet yang begitu kuat. Penggemarnya patut berpuas hati karena dapat menyaksikan idola mereka berakting dalam film. Namun sayangnya film yang disutradarai Hanny R. Saputra ini, tidak lebih dari sebuah penggambaran tentang aktivitas Cherrybelle hari demi hari. Berselisih paham, berbeda pendapadat dan akhirnya bernyanyi bersama. Dramatisasi yang dibangun terkadang terasa berlebihan karena konflik-konflik yang ditawarkan pun terselesaikan dengan begitu klise. Bahkan di menit-menit awal, lagu ‘beautiful’ teramat sering dimunculkan. Bagi fans chibi mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagi saya justru terasa monoton.

Terlepas dari lakon para personil Cherrybelle yang nyaris sama, Love is U mempunyai pesan moral yaitu tentang pentingnya arti keluarga dan persahabatan. Beruntungnya meskipun dengan cara sederhana, pesan tersebut mampu tersampaikan khususnya kepada penonton anak-anak yang menjadi hiburan tersendiri bagi saya ketika menonton film ini.

Iklan