Review : Titanic 3D (2012)


Cast : Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane, Franches Fisher, Gloria Stuart, Bill Paxton, Kathy Bates, Danny Nucci, Bernard Hill, Victor Garber, Eric Braeden.

Director : James Cameron

Genre : Adventure, Drama, History.

Running Time : 194 minutes

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Peputaran film yang terus bergerak pesat, membuat film dengan formula tiga dimensi (3D) kian banyak diproduksi. Jika dahulu film 3D lebih identik dengan film animasi, kini film dengan tokoh manusia-pun telah banyak dirilis. Menyaksikan film dengan tekhnologi tersebut memang sungguh menyenangkan bagi banyak orang. Tapi tidak sedikit pula 3D menimbulkan kekecewaan ketika sebuah film dianggap tidak berhasil memanfaatkan tekhnologi tersebut yang pada akhirnya hanya berimbas pada harga tiket yang dibandrol lebih mahal dari film 2D.

Setelah sukses berat lewat Avatar 3D, dimana film tersebut menjadi film terlaris sepanjang masa, James Cameron kembali memanfaatkan tekhnologi ini untuk merilis Titanic, salah satu dari film yang paling banyak difavoritkan orang dan juga film terlaris kedua setelah Avatar. Dalam kenyataannya, Titanic tidak mengalami perubahan apapun dalam filmnya. Perubahannya hanya ada pada pemotongan beberapa scene (diantaranya adegan ranjang Rose-Jack) dan tentu adanya penambahan tekhnologi yang ditonton menggunakan kacamata.

Ada banyak pertanyaan yang setidaknya langsung terbesit ketika mengetahui Titanic versi 3D akan segera dirilis. Apakah filmnya akan tetap memikat dan ditonton banyak orang? Bagaimanakah hasil akhir Titanic setelah dirilis dalam bentuk 3D?

James Cameron kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan kembali mendulang sukses yang sama seperti yang ia torehkan dalam Avatar. Penggunaan 3D dalam Titanic bukanlah hanya sebagai embel-embel belaka, melainkan benar-benar mampu memuaskan hasrat pecinta film 3D khususnya penggemar film ini sendiri. James Cameron tidak sedang memanfaatkan pamor Titanic yang memang masih sangan besar, Namun apa yang dilakukannya adalah hal yang benar dengan membuat Titanic semakin menambah kualitasnya karena kini disajikan dengan 3D yang lezat.

Pujian lain yang tidak mampu saya sembunyikan adalah Titanic yang notabene dirilis 15 tahun silam tampil seperti film yang benar-benar baru dan bagi saya jauh dari kesan membosankan. Tentunya bagi anda yang mungkin pernah atau bahkan sering menyaksikannya di televisi nampaknya harus mencoba satu lagi suguhan yang memuaskan dari seorang James Cameron.

Iklan