Review : 21 Jump Street (2012)


Cast : Jonah Hill, Channing Tatum, Dave Franco, Ice Cube, Brie Larson, Rob Riggle.

Director : Phil Lord & Chris Miller.

Genre :Action, Comedy, Crime.

Running Time : 109 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

21 Jump Street dulunya adalah serial TV yang sukses di era 80-an. Mengadaptasi serial TV era ini bukanlah sesuatu yang baru, melainkan sudah lumayan sering setidaknya seperti yang kita temui ditahun 2010 yaitu The A-Team. Meskipun film ini adalah film remake dari serial TV, film ini saya tonton sebagai film komedi baru, mengingat saya sendiri belum pernah menonton serial 21 Jump Street di televisi.

Jenko (Channing Tatum) adalah siswa atletis yang bodoh. Bertolak belakang dengan Schmidt (Jonah Hill) adalah siswa yang cerdas namun sama sekali tidak popular. Berselang beberapa tahun mereka kembali bertemu dan menjadi teman baik di akademi polisi. Suatu hari mereka mendapat tugas ke 21 Jump Street, sebuah gereja korea yaitu sebuah markas penyamaran polisi muda yang dipimpin Kapten Dickson (Ice Cube) yang tegas. Jenko dan Schmidt yang sebelumnya gagal dalam misi narkoba harus kembali mengulang masa SMU mereka dengan menyamar sebagai siswa SMU untuk menangkap pengedar narkoba jenis HFS dilingkungan SMU tersebut.

Tidak dapat dipungkiri duet Jonah Hill-Channing Tatum memang terasa sangat baik dalam film ini. Jonah Hill tampil sangat mengesankan dengan tokoh Schmidt yang konyol dan menghibur. Jonah Hill yang juga terlibat dalam pembuatan skripnya memberikan banyak humor yang jorok tapi sangat menggelitik. Adegan Hill berpakaian Peterpan dalam pertunjukkan teater dan adegan kejar-kejaran yang penuh ‘ledakan yang gagal’ membuat 21 Jump Street terasa makin seru. Channing Tatum mampu menampilkan sosok Jenko yang memang jika melihat postur tubuh dan gesturnya sangat cocok dan berhasil memerankan tokoh Jenko. Kolaborasi antar keduanya mampu mengundang tawa dari awal sampai film berakhir. Tentunya hal tersebut didukung dengan skrip yang memang lucu yang juga tercipta dari kolaborasi Hill dan Michael Bachall.

Dari awal 21 Jump Street telah muncul sebagai komedi dengan intonasi yang tidak berlebihan namun pas. Sutradara Phil Lord dan Chris Miller tidak sulit membangun kerjasama yang solid mungkin dikarenakan keduanya juga telah bekerjasama dalam Cloudy With A Chance of Meatballs yang tahun2009 lalu menuai banyak pujian dan nominasi di beberapa ajang penghargaan film dalam kategori animasi. Overall, 21 Jump Street hadir sebagai komedi yang segar dan menghibur. Nikmatilah berbagai twist menarik yang bisa anda saksikan didalamnya. 

Trivia : Aktor yang angkat nama lewat serial 21 Jump Street, Johnny Deep juga ikut bermain sebagai cameo dalam versi filmnya.

Iklan