Review : Dark Shadows (2012)


Cast : Johnny Deep, Michelle Pfeiffer, Helena Bonham Carter, Eva Green, Jacky Earle Haley, Chloe Grace Moretz, Bella Heathcote.

Director : Tim Burton.

Genre : Supranatural, Comedy, Action, Horror.

Running Time : 113 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Dengan melihat posternya saja, apa yang mengurangi minat anda untuk menyaksikan Dark Shadows? Mungkin tidak banyak. Sutradaranya terkenal selalu menyuguhkan film-film yang beragam. Siapa pula yang tidak familiar dengan aktor sekelas Johnny Deep yang selalu tampil mengejutkan disetiap filmnya. Apalagi dengan embel-embel Jack Sparrow yang melekat padanya.

Berbicara tentang Tim Burton, terus terang saya adalah salah satu penonton yang akan selalu penasaran dengan film-film terbarunya. Setelah absen merilis film ditahun 2011, tahun ini Tim Burton kembali dengan keahliannya yaitu supranatural-gothic-comedy-horror-action.

Pada tahun 1752, keluarga Collins yang berasala dari Liverpool Inggris berlayar menuju Amerika Serikat. Barbanas, putra dari Collin tumbuh menjadi playboy yang kaya di Collinsport, Maine dan ia menguasai Collinwood Manor. Barbanas memiliki kekasih bernama Angelique Bouchard, seorang penyihir. Namun karena ia membuat Angelique patah hati, Barbanas kemudian disulap menjadi vampir dan dikubur hidup-hidup hampir 200 tahun lamanya. Ditahun 1972, Barbanas tidak sengaja berhasil keluar dari dalam peti mati dan menemukan tempat tinggalnya yang megah namun kini hancur. Barbanas kembali untuk membalas Angelique dan mengembalikan kediamannya yang megah seperti sediakala.

Dark Shadows mungkin memang bukanlah sebuah film yang mengejutkan bagi fans setia Johnny Deep dan juga Tim Burton, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa film ini tetaplah memiliki magnet besar bagi fans aktor-sutradara yang berkolaborasi untuk kedelapan kalinya difilm ini. Johnny Deep seperti biasa dengan dukungan make-up dan ketelitian seorang Tim Burton membuatnya kembali tampil berbeda dari film-film sebelumnya. Selain Johnny Deep, masih ada nama seperti Helena Bonham Carter yang terlibat dihampir semua film Tim Burton. Sayangnya porsi yang diperuntukkan padanya justru terasa kurang sehingga kemampuan yang saya pernah lihat dalam film-filmnya terdahulu seperti Alice In Wonderland tidak terlihat didalam film ini. Kala itu ia memerankan Red Queen dengan sukses dan cukup berkesan. Salah satu yang juga menarik difilm ini yaitu kembalinya Michelle Pfeiffer yang juga menjadi ajang reuni dengan sang sutradara sejak penampilannya di Batman Returns (1992) sebagai Catwoman.

Banyaknya ‘elemen-elemen’ hebat yang terdapat dalam film ini membuat banyak orang memberikan ekspektasi yang besar terhadap film ini. Sayangnya dibeberapa bagian Tim Burton seolah kehilangan kendali dalam membagi porsi karakter yang cukup banyak. Entah mengapa juga berkali-kali saya menguap didalam bioskop. Beberapa diantara anda yang menyaksikan film ini mungkin akan teringat dengan Sleepy Hollow.

Dark Shadows belum sampai memuaskan fans Johnny Deep, tapi setidaknya Tim Burton membuka film pertamanya ditahun 2012 ini dengan cukup menghibur, karena sejauh ini, ia masih mempunyai dua film yang akan dirilis tahun ini dimana di salah satu filmnya ia menjadi produser dan satunya lagi menjadi sutradara. Patut untuk ditunggu.

Trivia : Proyek ini dimulai pada tahun 2007-2008. Tim Burton sendiri baru ditunjuk sebagi sutradara pada tahun 2009. Sementara untuk skenarionya sebelumnya dikerjakan oleh John Agustus dan pada akhirnya digantikan oleh Seth Grahame-Smith pada tahun 2009.

Iklan