(Thought) : 10 film Indonesia #CintaSegitiga paling berkesan (2000-2012)


Dalam perputaran film Indonesia hingga kini, tidak dapat dipungkiri bahwa tema horror memang masih menjadi tema yang jumlah rilisnya paling tinggi. Ditahun 2000 khususnya 2005-2012 setiap tahunnya rata-rata jumlah film yang rilis berkisar 70-85 judul pertahun. Meskipun horror selalu merajai tapi film drama selalu konsisten hadir setidaknya 10-30 judul. Dari banyaknya film drama yang diangkat, cerita cinta segitiga adalah salah satu formula yang lumayan sering diangkat. Berikut 10 film Indonesia #CintaSegitiga yang menurut Cinemaylo paling berkesan dari mulai tahun 2000 – April 2012:

1. HEART (2006)

Cast : Nirina Zubir, Irwansyah, Acha Septriasha.

Release Date : Mei 11, 2006.

Director : Hanny R. Saputra

Comment : Heart, tidak hanya berhasil menghipnotis penonton film Indonesia di tahun 2006 tetapi juga dilirik dibanyak festival film. Pada FFI 2006, Heart mendapat nominasi untuk Film Terbaik dan membawa pulang piala citra Pemeran Utama Wanita Terbaik yang diberikan untuk Nirina Zubir. Tidak hanya sampai disitu, Heart juga Berjaya di beberapa festival film lain seperti, Festival Film Bandung dan Bali. Heart merupakan film ketiga Hanny R. Saputra, setelah Virgin dan Mirror yang juga dibintangi Nirina Zubir.

2. HARI UNTUK AMANDA (2010)

Cast : Fanny Fabriana, Oka Antara, Reza Rahadian.

Release Date : January 7, 2010.

Director : Angga Dwimas Sasongko.

Comment : Angga Dwimas Sasongko yang sekiranya waktu itu baru membesut 2 film dimana satu diantaranya adalah film horror, secara mengejutkan merilis film drama yang sederhana tapi sangat baik dalam penggarapannya. Hal ini bisa dilihat dari filmnya yang memang baik secara utuh. Hari Untuk Amanda juga dinominasikan untuk Pemeran Utama Pria dan Wanita terbaik dan juga skenario film terbaik dalam FFI 2011.

3. 3 HATI 2 DUNIA 1 CINTA (2010)

Cast : Reza Rahadian, Laura Basuki, Arumi Bachsin.

Release Date : July 1, 2010.

Director : Benni Setiawan.

Comment : Diantara 9 film lainnya, film inilah yang paling banyak mendapat penghargaan. Pada perhelatan FFI 2010, film yang diangkat dari novel berjudul berbeda ini berhasil meraih beberapa piala bergengsi seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik, dan juga Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Sementara di Indonesian Movie Award, 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta dinobatkan menjadi film terfavorit.

4. SATU JAM SAJA (2010)

Cast : Revalina S. Temat, Vino G. Bastian, Andika Pratama.

Release Date : October 7, 2010.

Director : Ario Rubbik.

Comment : Tidak sedikit yang berurai airmata seusai menonton film yang menandai kembalinya Karnos Film di kancah perfilman Indonesia ini. Dengan plot yang sebenarnya biasa, Ario Rubbik mampu mengemas Satu Jam Saja dengan intonasi yang tepat. Satu Jam Saja juga termasuk dalam 10 film terlaris tahun 2010.

5. SAMPAI UJUNG DUNIA (2012)

Cast : Dwi Sasono, Renata Kusmanto, Gading Marten.

Release Date : March 19, 2012.

Director : Monty Tiwa.

Comment : Film yang paling baru diantara 9 film lainnya, Sampai Diujung Dunia baru saja dirilis maret kemarin. Plot yang sederhana namun Monty Tiwa berhasil menggarapnya dengan cukup mulus dan baik. Pemilihan aktor-aktris rasanya juga pas dimana Renata-Dwi Sasono & Gading Marten mampu membangun film ini menjadi film yang manis.

6. LOVE IS CINTA (2007)

Cast : Acha Septriasha, Irwansyah, Raffi Ahmad.

Release Date : May 16, 2007.

Director : Hanny R. Saputra

Comment : Setelah sukses Heart, Hanny R Saputra kembali mempertemukan Acha Septriasha dan Irwansyah dalam film berjudul Love is Cinta. Meskipun tidak mampu melampaui pencapaian Heart, Love is Cinta mempunyai komposisi yang pas untuk disebut sebagai salah satu film cinta segitiga yang berkesan. Film ini juga mendapat beberapa nominasi FFI pada tahun 2007.

7. AYAT-AYAT CINTA (2008)

Cast : Fedi Nuril, Carissa Puteri, Rianti Cartwright.

Release Date : February 28, 2008.

Director : Hanung Bramantyo.

Comment : Film ini sefenomenal novelnya. Kala itu, Ayat-Ayat Cinta menjadi film pertama yang menembus 3 juta penonton hingga akhirnya rekor tersebut ditumbangkan Laskar Pelangi dengan raihan 4 juta lebih. Film karya Hanung Bramantyo ini juga banyak menuai pujian namun sayangnya secara prestasi film ini minim penghargaan.

8. MENGEJAR MAS-MAS (2007)

Cast  : Dwi Sasono, Dinna Olivia, Poppy Sovia.

Release Date : April 2, 2007.

Director : Rudy Soedjarwo.

Comment : Tidak melulu dengan genre drama yang telah banyak diangkat kelayar lebar, Mengejar Mas-Mas hadir dengan balutan komedi yang cukup kental. Poppy Sovia sebagai pendatang baru cukup menarik perhatian, begitupun dengan Dinna Olivia yang bermain sangat apik sehingga piala citra FFI 2007 untuk aktris terbaik jatuh ditangannya.

9. REALITA CINTA, ROCK AND ROLL (2005)

Cast : Vino G. Bastian, Herjunot Ali, Nadine Chandrawinata.

Release Date : –

Director : Upi.

Comment : Salah satu film drama yang banyak digandrungi pada tahun 2005. Kisah cinta segitiga yang berhasil digarap Upi dengan gaya remaja. Bintang yang dipilih pun yang memang sesuai dengan hasrat remaja. Nadine Chandrawinata yang kala itu dikenal sebagai Puteri Indonesia, bermain mendampingi Vino G. Bastian dan Herjunot Ali. Meskipun film ini bukan film terbaik dari seorang Upi, setidaknya film ini difavoritkan banyak orang. Terbukti sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di televisi.

10. LOST IN LOVE (2008)

Cast : Pevita Pearce, Richard Kevin, Arifin Putra.

Release Date : May 23, 2008.

Director : Rachmania Arunita.

Comment : Rachmania Arunita terkenal lewat novel Eiffel I’m In Love-nya yang kemudian difilmkan. Sukses tersebut kemudian diikuti dengan debut filmnya berjudul Lost In Love yang dibintangi Pevita Pearce. Bersetting Paris dijuluki sebagai kota cinta, Lost In Love adalah sebuah drama cinta segitiga yang menarik dan meremaja.

Iklan