Review : Brokenhearts (2012)


Cast : Julie Estelle, Reza Rahadian, Darius Sinathrya, Merriam Bellina, Axel Andaviar.

Director : Helfi Kardit.

Genre : Drama, Romance.

Running Time : 96 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Dalam perputaran film Indonesia ada-ada saja jenis-jenis baru yang menjadi tren. Begitupun sampai bulan ini. Omnibus adalah salah satu jenis film yang sedang dan nampaknya masih akan ramai dipilih sineas negeri kita. Tapi cukup jauh sebelum omnibus benar-benar membanjiri penonton film Indonesia beberapa waktu belakangan ini, drama keluarga maupun percintaan yang dibalut dengan cerita tokohnya yang berpenyakit tidak kalah banyak jumlahnya. Tidak ada yang salah dengan pemilihan jenis film seperti itu. Namun ketika hal tersebut telah menjadi pilihan mereka maka tugas sang sineas tidak hanya bertanggung jawab untuk memberikan film yang layak dikomsumsi penonton tapi juga memberikan sesuatu yang berbeda dengan jenis film tersebut dari film-film yang terlebih dahulu dirilis.

Olivia (Julie Estelle) mendadak ditinggal Jamie (Reza Rahadian), kekasih yang sangat dicintainya. Jamie pergi tanpa alasan. Sejak saat itu Olivia susah membuka diri untuk laki-laki lain. Sampai pada suatu hari seorang penulis terkenal, Aryo (Darius Sinathrya) hadir di kehidupan Olivia. Olivia dan Aryo kemudian berpacaran. Perlahan-lahan Olivia mencoba melupakan Jamie yang telah dianggapnya menyakitinya. Olivia tidak tahu apa yang sebenarnya telah terjadi. Jamie menderita penyakit Anoreksia Nervosa dan ia divonis hidupnya tidak lama lagi. Jamie adalah sahabat Aryo yang ia suruh untuk mendekati Olivia agar tidak direbut orang lain. Sayangnya Aryo yang niatnya hanya membantu Jamie malah jatuh cinta dengan Olivia.

Langkah yang dipilih seorang Helfi Kardit sebenarnya sah-sah saja. Ia mengusung sebuah film dengan pemain-pemain yang menjanjikan. Namun sayangnya usaha Helfi Kardit rasanya masih belum cukup untuk memberikan suguhan yang tujuannya tidak lain yaitu drama percintaan yang manis dan mengharu biru. Helfi Kardit bertutur terlalu berbelit-belit. Banyak adegan kentang alias kena tanggung dan menyisakan tanda tanya dibenak saya. Padahal sinematografinya tergolong cantik dan indah. Ending yang dimaksudkan untuk memberikan kejutan terlihat seperti dipaksakan.

Reza Rahadian tidak bermain buruk didalam film ini tapi entah mengapa penampilannya lebih banyak mengundang kegelian dimata saya, apa karena tuntutan skenario atau andil Helfi Kardit sendiri sebagai sutradara. Darius yang memerankan tokoh Aryo juga saya rasa belum cukup berhasil. Hanya Julie Estelle yang tampil cukup baik disamping kecantikan yang memang memanjakan mata. Chemistry yang ketiganya ciptakan tidak dapat berjalan seharusnya dan akhirnya gagal. Bagaimanapun itu, yang patut dihargai adalah usaha Helfi Kardit untuk memberikan film yang lebih baik dari film terdahulunya meskipun juga akhirnya belum berhasil.

Trivia : Brokenhearts adalah film ketujuh bagi Melly Goeslaw sebagai penggarap soundtrack bersama suaminya, Anto Hoed.

Iklan