Review : Brave (2012)


Cast : Kelly Macdonald, Billy Connolly, Emma Thompson, Kevin McKidd, Julie Walters, Craig Ferguson, Robbie Coltrane.

Director : Mark Andrews & Brend Chapman.

Genre : Action, Adventure, Drama & Fantasy.

Running time : 93 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Sulit untuk memungkiri bahwa diantara banyaknya rumah produksi yang aktif merilis film animasi, Pixar bisa dibilang terdepan dalam kancah film animasi. Kesuksesan Pixar tidak hanya dapat dilihat dari kesaktiannya bersaing di jajaran box office tapi juga respon dari kalangan kritikus yang juga sangat baik. Contohnya saja pada beberapa tahun belakangan Pixar selalu berhasil memboyong piala Oscar untuk film animasi terbaik dan bahkan nominasi bergengsi, film terbaik. Melanjutkan tradisi yang ada yakni merilis satu film setiap tahunnya, tahun ini Pixar merilis Brave, film pertamanya yang bertemakan fairy tale dan bersetting abad perrtengahan.

Brave berkisah tentang seorang putri raja bernama Merida. Putri yang berambut ikal dengan warna merah ini berbeda dengan putri-putri pada umumnya. Sifatnya pemberontak, seringkali merasa terkekang dengan statusnya sebagai putri raja. Selain itu Merida (Kelly Macdonald) juga memiliki hobi yang tidak lazim bagi seorang putrid raja yaitu memanah. Suatu saat Merida yang berniat dijodohkan memilih kabur kehutan dan bertemu dengan seorang penyihir bernama Wise Woman (Julie Walters). Namun karena alternative pertolongan yang tidak tepat, membuat ibunya (Emma Thompson) berubah menjadi beruang. Sadar akan perbuatannya, Merida kemudian berusaha mengembalikan wujud ibunya sebelum ancama ibunya menjadi beruang untuk selama-lamanya benar-benar terjadi.

Selain Finding Nemo yang akan dirilis dalam format 3D, penggemar genre animasi akan bersorak karena tahun ini akan ada 7 film animasi pilihan lainnya yang akan dirilis. Bagaimana dengan film ke13 keluaran Pixar ini? Walaupun tidak sepenuhnya memberikan sebuah suguhan yang benar-benar baru, menurut saya Brave tetaplah film animasi yang patut untuk ditonton. Selain memiliki kisah dan setting yang unik, Brave berhasil memukau khususnya pada departemen simulasi dan efek. Lihat bagaimana detail rambut dan bulu serta pergerakannya sesuai dengan karakter yang digambarkan. Meskipun penggunaan tekhnologi 3Dnya belum bisa dikatakan maksimal namun setidaknya dalam beberapa adegan 3D akan sangat membantu khususnya pada simulasi dan efek yang ditawarkan tadi.

Bagaimana dengan peluang Brave untuk box office? Dengan kualitas animasi yang halus, kisahnya yang orisinil dibangun dengan apik serta karakteristik dari film Pixar pada umumnya, bukan tidak mungkin film dengan judul awal The Bear and The Bow ini bisa jadi adalah kuda hitam dalam musim panas tahun ini. Keorisinilan cerita yang menarik dan memang ditujukan untuk penonton semua umur adalah modal yang besar untuk merajai tangga box office untuk beberapa minggu.

Trivia : Reese Witherspoon adalah aktris pertama yang ditunjuk sebagai pengisi suara tokoh Merida, namun karena bentrok dengan jadwal syuting filmnya lain maka ia mundur dari proyek ini.

Iklan