Review : The Dark Knight Rises (2012)


Cast : Christian Bale, Gary Oldman, Tom Hardy, Anne Hathaway, Joseph-Gordon Levitt, Marion Cotillard, Morgan Freeman, Michael Caine.

Director : Christopher Nolan.

Genre : Action, Adventure, Crime.

Running time : 165 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing

2 : Ordinary / 3 : Good

4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Batman adalah salah satu trilogi yang paling banyak dan layak ditunggu-ditunggu. Sekuel ke-2 Batman, The Dark Knight yang rilis di tahun 2008 masih begitu membekas dan membuahkan banyak pujian serta beberapa penghargaan film. Jauh dari jadwal rilisnya, film ini telah banyak menyedot perhatian. Animo terhadap film ini begitu tinggi tidak hanya terjadi di luar negeri tetapi juga di Indonesia. 4 tahun setelah The Dark Knight, trilogi terakhir dari Batman ini akhirnya dirilis.

8 tahun setelah kasus kematian Harvey Dent, rakyat Gotham City hidup dalam damai. Kriminal yang ada masih bisa dikontrol oleh kepolisian setempat. Batman menjadi tidak diperlukan. Bruce Wayne (Christian Bale) menyendiri dalam kesedihan. Masa lalu masih membuatnya terpuruk dan kehilangan semangat hidup. Ia hanya berhubungan dengan Alfred, pelayan keluarganya yang sangat setia. Sampai pada datangnya Bane (Tom Hardy) ke Gotham City. Ia adalah seorang tentara yang kejam yang secara mendadak mengubah semuanya. Kondisi yang tidak aman lagi mendesak Batman untuk kembali untuk menyelamatkan kota yang sebentar lagi akan hancur oleh Bane.

Christian Bale sekali lagi berhasil melakukan tugasnya dengan sangat baik. Pendalaman karakter yang dilakukannya jelas patut diacungi jempol. Tidak hanya dalam pertarungan aksi, pertarungan batin seorang Batman juga terbangun dengan baik olehnya. Perjuangannya untuk bangkit dalam keterpurukan akan menambah simpati penonton terhadap karakternya. Selain itu, Tom Hardy adalah nama yang juga layak menuai pujian. Dengan badan yang besar berotot dan mengandalkan ekspresi mata tanpa gerak mulut yang ditutupi topeng, ia berhasil membangun karakter Bane dengan sangat menyeramkan. Kehadiran karakter baru yang lain, Seline Kyle tidak hanya hadir sebagai pemanis belaka. Anne Hathaway tampil memukau dengan kemampuan bertarungnya yang gesit dan seksi.

Christopher Nolan memang terkenal hati-hati dalam menggarap sebuah film. Melalui film ini ia kembali mendulang keberhasilan yang sama dalam The Dark Knight. Ketajaman gambar yang disuguhkan dengan tata musik yang mumpuni benar-benar tidak hanya mampu memanjakan mata melainkan juga telinga. Sepanjang film, Christopher Nolan konsisten dan mampu menjaga ketegangan demi ketegangan dengan durasi yang panjang, 2 jam 45 menit. Pertarungan yang sengit dibalut dengan cerita yang menyentuh. Satu hal yang memang patut menjadi catatan penting adalah setiap naskah yang ditulisnya tidak hanya fokus untuk memberikan hiburan namun selalu mengupayakan kelogisan cerita. Itulah yang setidaknya sering dilakukan oleh seorang Christopher Nolan.

Sebagai akhir dari trilogi batman, sudah seharusnya The Dark Knight Rises mampu memukau siapapun yang menontonnya. Penampilan cast yang baik didukung visualisasi kelas atas, pertarungan dengan tingkat keseruan yang tinggi, dan naskah dengan twist yang menarik adalah sejumlah alasan wajib untuk menonton film ini. Christopher Nolan telah berhasil membuat film superhero yang megah. Sebuah pertunjukan akhir yang mengesankan sekaligus memuaskan.

Iklan