Review : Total Recall (2012)


Cast : Collin Farrell, Kate Beckinsale, Jessica Biel, Bill Nighy, Bryan Cranston, John Cho.

Director : Len Wiseman.

Genre : Science Fiction, Action, Adventure.

Running time : 118 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Remake pada kenyataannya semakin sering dijumpai. Formula tersebut kian banyak di gunakan sineas Hollywood karena dipercaya mampu mendatangkan keuntungan finansial mengingat pangsa pasarnya akan lebih luas: penonton film orisinalnya dan calon penonton barunya. Proyek jenis ini kemudian dikembangkan oleh Len Wiseman untuk membuat Total Recall, sebuah film fiksi ilmiah popular ditahun 1990 yang dibintangi Arnold Schwarzenegger dan Sharon Stone.

Quaid (Colin Farrell) adalah seorang pekerja pabrik di New Shanghai yang hidup dengan seorang istri yang cantik (Kate Beckinsale). Meskipun begitu, kehidupannya terasa berat dan monoton. Ia kemudian mengunjungi sebuah perusahaan masa depan bernama Rekall. Disana ia mencoba melakukan perjalanan virtual menjadi sosok agen mata-mata rahasia. Namun terjadinya kesalaha prosedur membuat Quaid malah menjadi buronan, bertemu dengan Melina (Jessica Biel) dan berusaha menemukan jati diri yang sebenarnya.

Len Wiseman mungkin berwas-was. Bagaimana tidak, keputusan untuk meremake sebuah film populer dan menuai banyak pujian tentunya bukanlah hal yang mudah. Namun, sebagai penonton yang belum pernah menyaksikan Total Recall versi sebelumnya, film ini saya akui cukup mampu menghibur. Adegan demi adegan tersaji rapi. Len Wiseman banyak memberikan adegan aksi yang memukau. Total Recall membawa penontonnya kesebuah pengalaman masa depan lengkap dengan kendaraan dan senjata canggih yang dibalut dalam peperangan virtual yang menegangkan. Tidak mengambil setting mars sepertifilm orisinilnya, namun setting negara Euromerica dan New Shanghai rasanya sudah cukup mampu dimaksimalkan oleh Len Wiseman.

Rasanya tidak akan ada yang bisa memungkiri bahwa Kate Beckinsale justru lebih memikat daripada Collin Farrell sendiri. Beckinsale tampil sebagai sosok perempuan seksi dan tangguh yang mampu membuat. Meskipun begitu Collin Farrell bukan berarti tampil mengecewakan. Quad yang kebingungan akan identitasnya diperankan sangat baik oleh Farrell. Sementara Jessica Biel seolah sebagai pelengkap dari seluruh keseruan-keseruan yang ada dalam film ini. Total Recall bukanlah sebuah remake yang sempurn. Namun jelas tidak juga mengecewakan. Sebuah eksekusi yang cukup baik menjadikan film petualangan ini menjadi cukup menyenangkan.

Iklan