Review : Test Pack (2012)


Cast : Reza Rahadian, Acha Septriasha, Renata Kusmanto, Merriam Bellina, Jaja Mihardja, Oon Project Pop, Uly Herdiansyah, Karissa Habibie, Ratna Riantiarno.

Director : Monty Tiwa.

Genre : Drama, Comedy.

Running time : 109 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Film Based on Novel seakan tidak habis kesempatan untuk unjuk gigi. Selama novel tersebut dipercaya memiliki daya tarik untuk ditonton, maka semakin sering pula formula sejenis digunakan oleh sineas kita. Tahun ini saja tercatat beberapa film berdasarkan novel telah dirilis, seperti My Last Love dibulan Januari, Negeri 5 Menara sejauh ini sukses berada diposisi kedua untuk film terlaris 2012, Perahu Kertas yang tengah tayang dibioskop dan kali ini giliran novel best seller Test Pack karya Ninit Yunita yang diangkat kelayar lebar.

Kehidupan Rahmat (Reza Rahadian) dan Tata (Acha Spetriasha) yang serba berkecukupan nyatanya dirasakan masih kurang. Kehadiran momongan yang sangat dinantikan tidak kunjung datang. Akhirnya Tata dan Rahmat sepakat untuk mengikuti beberapa program salah satunya invitro. Namun  hasilnya tidak sesuai harapan. Ditengah keterpurukannya, Tata menemukan fakta bahwa ternyata suaminya mandul. Hal tersebut tentu membuat Tata marah dan seolah telah dibohongi. Rumah tangga Rahmat dan Tata kemudian terancam. Kembalinya Shinta (Renata Kusmanto), mantan pacar Rahmat semakin memperumit keaadan.

Sebagai sebuah film, Test Pack saya akui memiliki cerita yang sangat kuat. Kehidupan rumah tangga yang sering dialami pada umumnya digambarkan secara lugas. Tidak melupakan ciri khasnya, Monty Tiwa membalut film ini dengan lelucon-lelucon segar yang ditempatkan sesuai pada tempatnya. Adhitya Mulya yang bertindak sebagai penulis skenario berhasil mengadaptasi novel karya istrinya meskipun dengan beberapa perbedaan seperti yang terdapat dalam novel. Dialog sehari-hari kerap kali menjadi sesuatu yang membuat penonton terhibur dengan film ini. Sayang, kemunculan beberapa cameo dalam film justru terasa kurang penting.

Kontribusi besar jelas juga datang dari penampilan manis Acha Septriasha dan Reza Rahadian. Mereka mampu membuat karakter Rahmat dan Tata benar-benar hidup. Hubungan suami-istri dengan segala ‘keintiman’ dalam skenario diterjemahkan dengan baik oleh mereka berdua. Sekali lagi Acha Septriasha dan Reza Rahadian menyuguhkan kualitas terbaik mereka dalam film. Sedangkan untuk tokoh Shinta yang diperankan oleh Renata Kusmanto justru masih terasa kurang memuaskan. Monty Tiwa masih harus bekerja lebih keras lagi untuk menampilkan kehidupan sosok seorang model terkenal yang lebih meyakinkan.

Menghibur, emosional, dramatis begitulah film ini. Melihat secara keseluruhan kemungkinan penonton kecewa dengan perbedaan yang ada dalam film ini dengan versi novelnya bisa dibilang kecil. Skenarionya segar dibantu dengan penampilan para cast yang juga tidak mengecewakan. Test Pack mengajarkan banyak hal. Salah satunya yaitu betapa pentingnya arti sebuah komitmen dalam hal dan keadaan apapun itu, telebih dalam sebuah keluarga.

Iklan