Review : Tali Pocong Perawan 2 (2012)


Cast : Wiwid Gunawan, Nikita Mirzani, Kartika Putri, Framly Nainggolan, Bella Esperance, Icha Anisa.

Director : Volkan Maida

Genre : Horror, Drama.

Running time : 84 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Don’t judge a book from the cover! Mungkin pernyataan itu cukup untuk menggambarkan film ini. Selain posternya yang memang ciamik, apa alasan untuk menonton film ini? Tidak ada. Saya hanya berangkat dari poster filmnya yang cukup membuat penasaran itu, meskipun memang sebenarnya juga banyak film yang hanya bagus diposter, tetapi hasil filmnya ternyata buruk. Tanpa berkespektasi macam-macam, saya akhirnya memutuskan untuk membeli tiket Tali Pocong Perawan 2.

Tania (Wiwid Gunawan) adalah gadis tertutup yang tertekan oleh ibunya sendiri (Bella Esperance). Kematian ayahnya membuat ibunya membenci Tania. Padahal Tania hanya memiliki ibu dalam hidupnya. Dikantor tempatnya bekerja Tania dikenal pendiam. Sudah sejak lama Tania memendam rasa yang mendalam terhadap atasannya, Jordy (Framly Nainggolan). Namun karena sifat pemalunya ia tidak pernah mengungkapkan perasaannya. Semakin tertekan dengan sikap Grace (Kartika Putri), teman kantornya yang juga menyukai Jordy dan ibunya sendiri yang menganggapnya sebelah mata, Tania nekat mengambil tali pocong perawan untuk memikat Jordy.

Usai menonton film ini saya merasa cukup dikejutkan karena hasilnya sama sekali tidak sama dengan film bergenre sejenis yang setahun belakangan dirilis (bahkan mungkin lebih 1 tahun), yang hanya mementingkan keuntungan pasar namun mengesampingkan naskah sehingga tidak masuk akal. Tali Pocong Perawan 2 begulir sangat rapi dan baik. Unsur drama yang begitu kuat dalam film ini tidak serta-merta mengurangi nuansa horror sebagaimana mestinya. Meski tergolong mudah ditebak, film ini berhasil mengembalikan jati diri film horror khas Indonesia. Memang tidak sesempurna Tusuk Jelangkung atau mungkin Pocong 2 tapi Tali Pocong Perawan 2 jelas lebih baik dari bermacam-macam judul film horror yang semakin banyak dirilis.

Yang juga menarik adalah penampilan Wiwid Gunawan yang cukup memukau. Saya pernah menyukai penampilannya di film Kawin Kontrak dan Kawin Kontrak Lagi namun saya rasa penampilan Wiwid dalam Tali Pocong Perawan 2 adalah yang paling baik sejauh ini. Dengan sangat luwes, ia berhasil memerankan tokoh utama wanita yang psycho bernama Tania dan berkolaborasi dengan baik bersama Bella Esperance menampilkan hubungan anak-ibu yang tidak harmonis.

Pertanyaannya sekarang, siapa sosok sutradara bernama Volkan Maida? Ada yang menyebutkan bahwa ia hanyalah nama samaran dari Arie Aziz, sutradara yang terkenal sering menyuguhkan film horror dan komedi termasuk Tali Pocong Perawan yang dibintangi Dewi Perssik. Namun siapapun dia, rasanya tidak berlebihan jika usahanya dalam film ini patut diacungi jempol. Filmnya mampu tampil semenarik posternya. Tali Pocong Perawan 2 memang tidak tanpa kekurangan. Tapi jika diibaratkan sebuah ujian, film ini jelas berhasil naik kelas.

Iklan