Review : Paranormal Activity 4 (2012)


Cast : Katie Featherson, Kathryn Newton, Matt Shively, Brady Allen, Stephen Dunham, Spraygue Grayden, Aiden Lovekamp.

Director : Ariel Schulman & Henry Joost

Genre : Horror.

Running time : 88 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Paranormal Activity (2007) tidak dipungkiri menjadikan found footage sebagai sebuah tren. Genre sejenis semakin banyak digunakan dalam pembuatan film karena berhasil dalam beberapa film berbujet rendah namun sukses dipasaran. Paranormal Activity jelas menjadi salah satu yang memimpin dimana bujet tiga franchise ini hanya sekitar US$70 juta namun berhasil meraup US$575 jika ditotalkan. Belum puas menakut-nakuti penonton lewat kamera home video sekaligus kembali mencoba peruntungan yang sama, Oren Peli sang produser merilis franchise terbaru Paranormal Activity yang telah memasuki film keempat dengan sutradara yang sebelumnya menggarap film ketiga, Ariel Schulman dan Henry Joost.

Paranormal Activity 4 bercerita lima tahun semenjak kejadian difilm kedua. Katie (Katie Featherson) dan Hunter (Braddy Allen) pindah ke sebuah rumah baru di Henderson, Nevada. Hunter yang berganti nama menjadi Robbie harus di titipkan di rumah tetangga mereka, Alice karena suatu hal. Awalnya semuanya berjalan normal sampai Alice merasakan keanehan terhadap Robbie. Robbie sering berjalan tengah malam, berbicara sendiri, dan melakukan hal-hal yang tidak normal. Kejadian itu membuat Alice dan temannya, Ben mulai mereka setiap kejadian yang ada dirumah mereka.

Sejujurnya setelah menyaksikan seri ketiganya saya tidak mengharapkan franchise ini dilanjutkan. Paranormal Activity 3 selain yang paling sukses dari kedua film sebelumnya, yakni meraup U$203 juta dengan bujet hanya U$4 juta juga merupakan seri yang paling apik menurut saya meskipun belum mampu menandingi ketegangan dari film yang pertama. Keraguan lantas terbesit, mampukah Schulman dan Joost menjadikan seri keempat ini tetap tampil memikat atau bahkan lebih baik?

Sebagai salah satu dari penonton setianya, saya mulai terbiasa dengan terror-terror yang ada didalam film ini. Sejatinya adalah lanjutan dari film kedua film kedua, Paranormal Activity 4 ternyata masih mampu menghadirkan ketengangan demi ketengangan yang mampu membuat ketakutan dan mengundang rasa penasaran. Sayang, formula penceritaannya memiliki banyak kemiripan dengan film kedua. Lihat saja betapa sulitnya tokoh yang diterror – Ali dalam film kedua dan Alex dalam film ini – meyakinkan orangtua mereka tentang keanehan-keanehan yang mereka alami. Dari segi cast, tidak ada yang benar-benar spesial selain pesona dari Kathryn Newton dan Brady Ellen, memerankan Robbie yang misterius dengan cukup pas.

Tidak perlu membandingkan Paranormal Activity 4 dengan franchise sebelumnya karena jelas tidak ada hal baru dari film ini bahkan mungkin membuat franchise ini menjadi sedikit membosankan, namun bagi anda yang gemar akan genre horror-found footage rasanya wajib menonton film ini mengingat peluang yang besar untuk dilanjutkan ke film selanjutnya. Paranormal Activity 4 tetaplah menjadi film yang menegangkan dan menakutkan meskipun terjadi beberapa pengulangan yang rasanya terlalu klise.

Iklan