Review : Wreck It-Ralph (2012)


Cast : John C. Reilly, Sarah Silverman, Jack McBrayer, Jane Lynch.

Director : Rich Moore.

Genre : Animated.

Running time : 105 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Masih ingat dengan masa kecil atau remaja anda? Beberapa diantara anda mungkin akan mengangguk setuju tentang pernyataan bahwa game arcade menjadi salah satu hiburan kala itu. Saya pribadi memang sempat gemar bermain ke pusat game yang dioperasikan oleh koin tersebut. Kini seiring dengan perkembangan tekhnologi yang pesat, game arcade menemui jalan yang bisa di bilang tidak semulus kemarin. Para penikmat game beralih ke game portable yang selain mudah juga kini lebih variatif. Ide mengenai  game arcade ini kemudian diangkat Walt Disney Picture menjadi sebuah animasi yang menjanjikan.

What a brillian idea! Konfliknya yang begitu menarik dimana para karakter game seolah tidak mendapat kebebasan untuk bertindak diolah dengan tepat oleh RichMoore, sutradara sekaligus penulis skenario bersama Phil Jhontson dan Jim Reardon. Begitu terhiburnya saya menyaksikan film ini. Idenya luar biasa. Kehidupan para karakter games berhasil di bangun dengan baik. Karakter Ralph menjadi fokus utama yang sukses meraih simpati penonton dengan mudah. Berkali-kali saya terperangah akan detail yang dihadirkan ke dalam film. Rasanya butuh khayalan yang tingkatnya cukup tinggi untuk bisa menciptakan skenario yang amat sangat detail. Salut!

Riset yang dilakukan para tim animator di antaranya bermain video game, memakan banyak permen hingga berkunjung ke Barcelona untuk melihat arsitektur dari gedung-gedung disana rasanya cukup membuat perbedaan visual antara dunia game dan filmnya tidak menjadi masalah. Di beberapa bagian film mungkin terasa klise tapi Moore telah berhasil menyampaikan pesan sederhananya itu untuk di tangkap penonton lengkap dengan visual yang cantik dan tekhnologi 3D yang tidak mengecewakan meskipun juga tidak terlalu memuaskan.

Jika bulan lalu saya menyebut Frankenweenie sebagai film animasi terkuat yang memiliki peluang besar untuk merajai festival film kategori film animasi, maka dengan komposisi yang telah di suguhkan, tidak berlebihan rasanya jika saya katakan bahwa Wreck-It Ralph sedianya akan tampil sebagai salah satu kompetitor kuat untuk film animasi tahun ini. This is one of my favorite animated movie! Oh ya, pastikan untuk tidak terlambat masuk teater karena sebelumnya akan ada film pendek animasi dengan judul Paperman yang tidak kalah menariknya!

Iklan