Review : Hotel Transylvania (2012)


Cast : Adam Sandler, Selena Gomez, Andy Samberg, Kevin James, Fran Drescher, Jon Lovitz, Cee Lo Green, Steve Buscemi.

Director : Genndy Tartakovsky.

Genre : Animated.

Running time : 91 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

Tulisan kali ini mungkin sedikit curhat tentang pengalaman saya dalam menonton film. Disaat euforia Twilight Saga : Breaking Dawn Part II sedang tinggi-tingginya, saya malah memilih midnite dengan menonton film animasi berjudul Hotel Transylvania. Alasannya jelas, karena saya tidak berhasil mendapat tiket saga percintaan vampir dan manusia itu. Hal tersebut juga disebabkan pelayanan pembelian tiket online yang saat itu sangat susah untuk diakses. Membeli dan menyaksikan film ini tanpa ada ekspektasi apa-apa.

Hotel Transylvania bercerita tentang Dracula (Adam Sandler) adalah seorang ayah yang sangat menyayangi putri satu-satunya, Mavis (Selena Gomez). Menganggap manusia adalah makhluk jahat karena sebelumnya mengakibatkan istrinya terbunuh, sang dracula terus berupaya untuk melindungi anaknya. Dracula kemudian membuat sebuah bangunan berkelas bernama Hotel Transylvania yang dihuni oleh para monster yang takut dengan manusia. Pada saat ulang tahun Mavis ke-118, Dracula mengundang sahabat-sahabatnya serta keluarga werewolf. Tiba-tiba muncul seorang pemuda berusia 21 tahun yang seakan menjadi ancaman bagi seluruh penghuni hotel.

Sebelum Hotel Transylvania saya terlebih dahulu menyaksikan Frankenweenie dan Wreck-It Ralph. Kedua film tadi mampu menghibur sekaligus memukau. Hal tersebut yang mungkin membuat saya tidak berekpektasi apa-apa bahkan sedikit memandang rendah film ini. Hotel Transylvania memang tidak sebagus dua film animasi yang kemarin saya tonton tapi secara mengejutkan film ini menyuguhkan kisah klasik dengan cukup rapi sehingga tampil menghibur.

Tokoh-tokohnya seperti mumi, vampir, serigala jadi-jadian sekilas menyiratkan bahwa ini adalah animasi bergenre horror. Tapi tokoh-tokoh tersebut justru bertingkah kocak dan tidak wajar sehingga menjadi sangat menghibur. Pengisi suaranya tidak diragukan lagi karena telah berpengalaman sebelumnya misalnya Adam Sandler dalam Zookeper (2011) mengisi suara Donald The Monkey, Steve Buscemi dalam Monster, Inc (2001) sampai Selena Gomez yang sudah berkali-kali menjadi pengisi suara film animasi, salah satunya Arthur 3: The War of the Two Worlds (2010).

Cerita klasik yang mampu dibangun dengan baik karakterisasi yang kuat sayangnya tidak diikuti dengan penggunaan tekhnologi 3D yang maksimal. Hanya dibeberapa tempat tekhnologi ini bekerja maksimal, selebihnya tidak. Maka rasnya tidak memerlukan kacamata 3D untuk bisa menikmati filmnya, cukup dengan 2D saja. Hadirnya Hotel Transylvania menambah semarak peringatan Halloween yang jatuh pada 31 oktober kemarin. Sebuah animasi yang mampu menghibur namun tidak meninggalkan kesan lebih selain blah-blah-blah yang memorable itu.

Iklan