Review : Rise of the Guardians (2012)


rotgposterCast : Chris Pine, Alec Baldwin, Hugh Jackman, Isla Fisher, Jude Law, Dakota Goyo.

Director : Peter Ramsey.

Genre : Animation, Adventure.

Running time : 97 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

35312

Kreatifitas, inovasi dan daya khayal yang tinggi setidaknya menjadi poin-poin mutlak dalam membuat sebuah film animasi. Tidak peduli seluas apa khayalan tersebut bahkan tidak masuk akal sekalipun, film animasi memiliki tugas untuk menghibur. Pun begitu bukan berarti film animasi dibuat asal dengan hanya mempertimbangkan nilai komersil saja. Mengingat apresiasi terdahap genre ini juga tidak hanya datang  ketika film animasi tayang dibioskop tetapi juga diperlombakan dalam ajang penghargaan film contohnya Best Animated Feature (bahkan beberapa tahun belakangan berhasil menembus kategori Best Picture) dalam Academy Award.

la_ca_1115_rise_ofthe_guardians_Sama dengan tahun-tahun yang lalu film animasi jumlahnya selalu banyak. Beberapa diantaranya tidak hanya menghibur namun menjanjikan untuk bersaing diajang perfilman dunia. Dreamworks tidak ingin ketinggalan dengan mencoba menghidupkan imajinasi masa anak-anak yang diangkat dari serial buku The Guardians of Childhood karya William Joyce yang juga menyutradarai film pendek berjudul The Man in the Moon. Proyek yang sejatinya telah mulai dirancang dari tahun 2008 ini akhirnya rilis diakhir tahun 2012.

Pitch (Jude Law) kembali ke Bumi dengan maksud menguasai dunia. Rencananya kemudian diketahui para Guardians yang terdiri dari North sang Santa Claus (Alec Baldwin), Tooth fairy (Isla Fisher), Bunnymund (Hugh Jackman), dan  Sandman. Mereka kemudian merekrut Jack Frost (Chris Pine) remaja pemberontak yang memiliki kelebihan spesial. Namun Pitch ternyata semakin kuat dan kini mereka harus berupaya keras untuk menggagalkan rencana Pitch, si raja mimpi buruk demi kesejahteraan anak-anak didunia.

Rise of the Guardians 022Overall, film ini berhasil menghibur. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tema yang disuguhkan cenderung biasa karena sudah sering diangkat sebelumnya. Beruntung, meskipun mudah ditebak karena menggunakan formula yang itu-itu saja, film ini tak lantas menjadi membosankan. Rise of the Guardians memiliki gambar-gambar yang cantik dan indah. Sang sineas berhasil meramu cerita dan gambar dengan baik. Didukung dengan pengisi suara yang berkontribusi baik dan karakterisasi yang amat pas membuat film ini begitu menyenangkan. Lihat saja bagaimana lucunya Sandy sang Sandman, Tooth fairy yang menawan, tingkah Bunnymund dan Santa Claus yang menggelitik dan anak-anak kecil yang menggemaskan.

How about the 3D? Penggunaan tekhnologi 3D rasanya tidak sia-sia karena dengan tekhnologi tersebut film dapat menampilkan gambar demi gambar dengan indah dan meyakinkan. Meskipun tidak se-orisinil Wreck-It Ralph, Rise of the Guardians tetap mampu tampil memikat. Aspek-aspek positif yang ditawarkan film seakan dengan mudah membuat penonton terhibur dan melupakan bahwa tema yang diangkat tidak menawarkan sesuatu yang baru. Salah satu animasi yang berhasil menuntaskan tugasnya sebagaimana mestinya, menghibur!

Iklan