Review : Life of Pi (2012)


lifeofpiposterCast : Suraj Sharma, Irrfan Khan, Rafe Spall, Tabu, Adil Hussain, Andrea Di Stefano, Ayush Tandon, Ayan Khan, Shravanthi Sainath, Vibish Sivakumar.

Director : Ang Lee.

Genre : Drama, Adventure.

Running time : 127 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

4

Kisah tentang manusia yang berjuang untuk survive memang akan selalu menarik untuk di saksikan. Salah satunya  di karenakan potensi dalam memainkan emosi memang cukup besar. Saat proyek Life of Pi mulai terdengar, banyak yang optimis sekaligus pesimis akan film ini. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa cerita yang berasal dari novel mega-bestseller karya Yann Martel akan sulit jika di filmkan karena memiliki muatan filsafat yang tidak mudah divisualisasikan. Jauh dari proses pembuatannya, film ini sendiri telah melewati masa-masa sulit dimana proyek ini sempat terkatung-katung selama beberapa tahun seperti bergonta-gantinya penulis naskah hingga sutradara film ini sendiri.

18LIFE1-articleLargePiscine Patel/Pi (Suraj Sharma) seorang remaja cerdas yang tinggal India. Ia dan keluarganya mengelola kebun binatang di kawasan Pondicherry. Hal ini membuat pengetahuan Pi tentang binatang cukup luas. Suatu hari keluarganya memutuskan untuk pindah ke Kanada. Bersama beberapa binatang dari kebunnya Pi sekeluarga berangkat dengan menggunakan sebuah kapal. Ditengah perjalanan kapal tersebut tenggelam dan hanya Pi yang selamat, terdampar di sebuah sekoci darurat. Kini Pi harus bertahan hidup mengerahkan seluruh kemampuannya dan menghindari terkaman dari Richard Parker, harimau buas yang ikut dalam sekoci tersebut.

Menjanjikan. Setidaknya hal tersebut yang pertama kali terbesit di pikiran saya (dan mungkin juga banyak orang) setelah menyaksikan trailernya. Lalu bagaimana film ini memenuhi ekspektasi penonton? Oke, mari memulai dengan casts-nya. Suraj Sharma yang di daulat sebagai pemeran Pi, tokoh sentral dalam film ini mampu memberikan penampilan yang baik namun tidak sampai memukau. Formula yang di tawarkan mungkin akan mengingatkan anda dengan Cast Away (2000). Memang tidak cukup adil jika harus membandingkannya dengan Tom Hanks yang dalam film tersebut mampu memberikan keyakinan penuh kepada penonton betapa desperate-nya dia dalam usahanya untuk bisa bertahan hidup. Tapi sebagai pendatang baru, Sharma terbilang cukup berhasil terbukti dengan mudahnya penonton bersimpati terhadap Pi. Jangan lupakan performa Irrfan Khan yang meskipun tampil minim tetap mampu mencuri perhatian.

lifeofpipicBeranjak dari segi cast mari melihat film ini secara utuh. Kredibilitas Ang Lee sebagai sutradara semakin sulit untuk di ragukan. Sutradara berkaliber Oscar yang namanya semakin di perhitungkan sejak kesuksesan Brokeback Mountain ini kembali menunjukkan kualitasnya. Film dibuka dengan perkenalan tokoh Pi yang cukup sukses mengundang tawa. Menit-menit awal tersebut hadir sebagai ‘pemanis’ sebelum petualangan hidup dan mati di mulai. Keindahan gambar-gambar dihadirkan Lee dengan dukungan teknologi 3D yang penggunaannya cukup efektif. Lihat saja betapa piawainya ia menampilkan pemandangan alam khususnya laut dengan begitu cantik, memanjakan mata. Belum lagi meyakinkannya binatang-bintang yang ada di dalamnya entah sepenuhnya merupakan hasil CGI atau tidak.

Life of Pi menambah catatan keberhasilan dalam karir Ang Lee. Suksesnya ia mengangkat kisah berdasarkan novel laris ini menjadi film layar lebar yang berani dan menakjubkan layak mendapat apresiasi lebih. Sepertinya masa-masa sulit dalam upaya di wujudkannya film ini akan menjadi cerita yang akan berakhir manis. Selamat!

Trivia : Meskipun hanya cameo, sebelumnya Tobey Maguire adalah bagian dari film ini. Namun karena namanya di anggap terlalu besar untuk terlibat dalam film ini seluruh adegan yang sudah di take-nya dibuang dan digantikan oleh Rafe Spall.

Iklan