Review : 5 cm (2012)


5CMPOSTERFILMCast : Fedi Nuril, Herjunot Ali, Raline Shah, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Pevita Pearce.

Director : Rizal Mantovani

Genre : Drama, Comedy.

Running time : 126  minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

35312

Wajar rasanya jika banyak pihak yang tidak yakin akan Rizal Mantovani sebagai sutradara 5 cm dimana beberapa karyanya belakangan ini sangat mengecewakan. Tahun 2011 kemarin tak satupun filmnya mampu tampil memikat. Pupus yang dibintangi Donita, sebuah drama dibawah rata-rata begitupun Jenglot Pantai Selatan yang semakin menurunkan kualitasnya. Namun menariknya adalah melalui film ini Rizal Mantovani seakan siap menerima kepercayaan lebih lagi dari penotonnya.

film-5-cm-Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot Ali), Ian (Igor Saykoji), Arial (Denny Sumargo), dan Riani (Raline Shah) adalah lima sahabat yang sudah berteman selama belasan tahun. Hampir setiap hari waktu mereka habiskan bersama. Genta yang merasa tidak ada tantangan dalam persahabatan mereka kemudian mengusulkan untuk tidak berkomunikasi dengan cara apapun selama 3 bulan. Setelah berpisah lama bereka kembali bersua pada tanggal 17 Agustus dengan misi mencapai puncak gunung Semeru yang memberikan mereka banyak tantangan.

5 cm sama sekali bukan film buruk. Itu jelas. Lihat saja kepiawaian seorang Rizal Mantovani yang berhasil menyuguhkan gambar demi gambar dengan sangat baik. Balutan komedi yang di tawarkannya pun begitu cerdas. Rizal Mantovani yang juga di kenal sebagai sutradara video musik memaksimalkan kemampuannya itu sehingga tidak berlebihan jika penonton beramai-ramai memuji sinematografi 5 cm. Perjalanan panjang hingga sampai ke puncak gunung semeru merupakan petualangan menonton yang mengasyikkan.

Bagaimana performa para castnya? Tidak ada yang benar-benar menonjol. Pevita Pearce tertolong dengan karakter yang begitu pas ia perankan namun karakter-karakter seperti dalam 5 cm seolah menjadi stereotipnya. Raline Shah sebagai pendatang baru cukup mampu mencuri perhatian begitupun dengan Igor. Herjunot Ali mampu mengundang banyak tawa namun tidak bagi Fedi Nuril yang belum menunjukkan perkembangan yang signifikan.

180417_film-5-cm_663_382Satu-satunya yang mungkin paling mengurangi nilai dari film ke lima belas sang sutradara ini yaitu misi nasionalisme yang dituang secara berlebihan. Entah karena terlalu setia terhadap novelnya – saya sendiri belum membacanya – yang pasti scene ini cukup membuat saya mengernyitkan dahi. Lagipula rasanya tidak perlu orasi tersebut dilakukan masing-masing karakter untuk menunjukkan rasa nasionalime. In my opinion.

Overall, apakah 5 cm merupakan salah satu film yang memikat di tahun 2012? Definitely yes. Tidak diragukan lagi penonton film Indonesia baik yang kritis maupun awam akan berbondong-bondong menyaksikan film ini. Trailer film yang mengundang banyak penasaran tentang perjalanan ke puncak gunung Semeru jelas akan mendatangkan banyak penonton. Rizal Mantovani sendiri patut berbangga karena 5 cm seolah mengembalikan kepercayaan banyak orang kepadanya. Semoga konsisten.

Iklan