Review : Habibie & Ainun (2012)


Habibie_Ainun_PosterCast : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Vitta Mariana Barrazza, Bayu Oktara, Teuku Rifnu Wikana, Hanung Bramantyo.

Director : Faozan Rizal.

Genre : Drama.

Running time : 125 minutes.

Rate Description  : 

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

35312

Siapa yang tidak mengenal Bacharuddin Jusuf Habibie? Presiden Republik Indonesia  ke-3, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri sebagai Presiden pada Mei 1988. B.J Habibie yang merupakan presiden dengan masa jabatan tersingkat ini begitu di kagumi banyak orang karena kecerdasan yang dimilikinya. Disamping itu kisah hidupnya bersama istrinya, Alm. Hasri Ainun Habibie yang dituang kedalam buku banyak mengundang decak kagum. Berangkat dari buku yang ditulis oleh B.J Habibie sendiri, MD Entertainment bersama Faozan Rizal akhirnya mewujudkan proyek film Habibie & Ainun yang kemudian dirilis diakhir tahun ini.

Habibie-AinunB.J Habibie adalah pemuda jenius yang mempunyai cita-cita dan mimpi yang mulia, membuat kendaraan terbang untuk negaranya, Indonesia. Ainun, seorang dokter muda yang cantik dan di puja banyak orang. Pertemuan kembali antara Rudy (sapaan B.J Habibie) dengan Ainun pada tahun 1962 mengubah hidup mereka di kala keduanya memutuskan untuk bersama. Rudy yang berniat mewujudkan cita-citanya lalu membawa serta Ainun yang telah dinikahinya di Indonesia menuju Jerman. Rintangan yang berat membuktikan kesetiaan cinta antara mereka berdua. Disaat B.J Habibie merintis kariernya, Ainun berada disampingnya. Namun tidak akan pernah ada yang abadi. Dimana pertemuan dan perpisahan adalah dua hal yang pasti dialami setiap manusia.

Nama Faozan Rizal sebagai sutradara film ini cukup mengejutkan. Faozan yang sebelumnya bertindak sebagai kameramen di beberapa film yang kali ini beralih profesi menjadi sutradara jelas mempunyai tugas berat, menyajikan kisah Habibie & Ainun dengan baik dan mampu menjawab ekspektasi banyak orang. Jika tidak mampu memuaskan penonton bisa saja film Habibie & Ainun ini akan menjadi film besar yang berakhir pedih seperti filmnya. Apalagi biaya produksi filmnya tergolong fantastis.

Habibie & Ainun menjadi debut penyutradaraan yang manis untuk seorang Faozan Rizal. Meski film ini masih sangat dikaitkan dengan nama Hanung Bramantyo yang beberapa kali bekerjasama dengannya, Faozan patut berbangga. Biografi perjalanan hidup B.J Habibie yang lebih di titikberatkan pada kisah cinta Habibie-Ainun mampu memuaskan banyak orang termasuk saya sendiri. Hal ini tentu didukung performa make-up, tata kostum dan artistik yang baik. Untuk itu pujian patut dilayangkan bagi mereka yang bekerja keras dalam film ini.

00026566Berbicara mengenai film ini sama halnya dengan berbicara tentang castsnya. Reza Rahadian kembali membuktikan kualitas akting yang semakin mumpuni. Meskipun secara fisik ia sama sekali tidak menyerupai B.J Habibie namun ‘signature’ dari mantan Presiden tersebut dilakoninya dengan begitu luar biasa. Dipastikan namanya dalam film ini akan menjadi kandidat kuat aktor peraih penghargaan film Indonesia tahun depan. Sementara itu Bunga Citra Lestari terlihat berhasil mengimbangi Reza Rahadian. Mereka berhasil membangun chemistry yang baik sehingga penonton akan dengan mudah mengenal sosok Habibie & Ainun dalam kesehariannya.

Habibie & Ainun memang memuaskan banyak pihak. Namun yang di sayangkan dari film ini adalah product placement-nya yang cukup menganggu dan mengurangi esensi cerita. Terlepas dari itu, film ini tetap merupakan salah satu film drama Indonesia yang patut untuk di saksikan. Film yang tidak sempurna namun cukup menginspirasi.

Iklan