Review : The Impossible (2012)


The-Impossible-Affiche-HD-FRCast : Naomi Watts, Ewan McGroger, Tom Holland, Samuel Jaslin, Oaklee Pendergast.

Director : Juan Antonio Banoya.

Genre : Drama, Thriller.

Running time : 114 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

4

Sulit untuk memungkiri bahwa tragedi tsunami yang terjadi beberapa tahun silam masih begitu membekas dalam ingatan. Apalangi mengingat sebagian besar Aceh disapu oleh gelombang tsunami yang menelan ratusan ribu korban. Bencana besar yang tidak hanya menjadi duka bagi negara kita tercinta tetapi juga  bagi seluruh dunia. Jika di Indonesia sendiri tragedi tsunami telah diangkat ke layar lebar pada akhir 2011 lalu, Hafalan Shalat Delisa. Diakhir tahun 2012 sebuah film produksi Spanyol yang menceritakan kisah yang diangkat dari kejadian nyata sebuah keluarga berjudul The Impossible dirilis.

04ONSTAD1_SPAN-articleLargeHenry (Ewan McGroger) dan Maria (Naomi Watts) serta ketiga anaknya berangkat ke Thailand untuk menghabiskan liburan Natal di sebuah vila dekat pantai. Awalnya liburan mereka terasa sempurna namun ketika sedang menikmati pagi hari secara tiba-tiba sebuah bencana tsunami dashyat menerpa mereka dan seluruh penghuni vila. Para penghuni masing-masing terpisah dari keluarga mereka. Dengan modal harapan Maria mencari keluarganya satu-persatu ditengah liburan yang berubah menjadi malapetaka. Kondisinya yang terluka semakin mempersulit kemungkinan bertemu suami dan anak-anaknya.

Juan Antonio Banoya kembali eksis setelah lima tahun tidak menyutradarai film. Kiprahnya mendapat apresiasi tinggi ketika meluncurkan debutnya berjudul The Orphanage yang dipuji banyak kalangan. Dalam The Impossible, sineas muda kembali memberikan kemampuan terbaiknya sebagai sutradara. Jenis disadter movie tentunya memerlukan detail yang tidak mudah divisualisasikan. Sejak awal, film ini sudah mencuri perhatian. Tidak perlu menunggu lama, tragedi tsunami di pantai Phuket Thailand dihadirkan dalam 15 menit film bergulir. Meskipun tidak membuat tragedinya dalam durasi yang panjang, The Impossible yang believeable dengan visualisasi yang amat baik mampu mengundang emosi penonton.

THE IMPOSSIBLE

Bayona beruntung memiliki cast yang berkontribusi baik. Naomi Watts jelas menjadi bintang dalam film ini. Ia mampu bersinar dengan akting yang mumpuni sebagai Maria. Maria ditangannya menjadi sosok yang sangat menarik simpati penonton dimana Watts memberikan porsi pas ketika ia harus menjadi kuat, rapuh, dan tidak berdaya. Ewan Mcgregor dan Tom Holland juga mampu bermain sangat apik. Penampilan mereka bertiga menjadi magnet kuat difilm ini selain visual tragedi tsunami yang tak terbantahkan sangat memukau.

Jangan pernah membandingkan The Impossible dengan  film tsunami aceh karya anak bangsa karena hal tersebut menjadi sangat tidak fair. Jelas film ini berhasil memberikan visual yang baik, pondasi cerita yang kokoh sehingga menyentuh siapapun penontonnya termasuk saya. Jika anda tidak meringis atau menangis untuk beberapa scene, mungkin ada yang salah dengan anda. Sulit membayangkan jika anda berada diposisi tokoh dalam film ini apalagi mengingat film ini diangkat dari kisah nyata keluarga asal Spanyol, Henry dan Maria Belon. Totally great. One of the most emotionally drama movie in years!

Iklan