Review : Les Misérables (2012)


les_miserables_ver11

Cast : Hugh Jackman, Anne Hathaway, Russel Crowe, Amanda Seyfried, Helena Bonham Carter, Sacha Baron Cohen, Eddie Redmayne, Samantha Barks, Aaron Tveit, Marc Pickering, Colm Wilkinson, Isabelle Allen.

Director : Tom Hooper.

Genre : Drama, Musical, Romence.

Running time : 157 minutes.

Rate Description  :

O : Rubbish / 1 : Dissapointing / 2 : Ordinary / 3 : Good / 4 : Very Good / 5 : Outstanding!

4

Jika anda salah satu dari penggemar film musikal khususnya yang diadaptasi dari drama panggung Broadway sudah selayaknya anda segera memasukkan film ini sebagai film wajib tonton. Berbicara mengenai film musikal sendiri memang selalu menjadi proyek menjanjikan terlebih ketika digarap serius. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa film musikal telah mempunyai penggemarnya sendiri.  Beberapa film musikal seperti Dreamgirls (2006), Sweeney Todd : The Demon Barber of Fleet Street (2007) dan Mamma Mia! (2008) sukses mendapat pujian, berjaya ditangga box office maupun ajang penghargaan film. Kini diakhir tahun 2012 satu lagi film musikal yang siap hadir sebagai masterpiece, Les Misérables.

MISERABLES-articleLarge-v3Pada abad ke-19 di Perancis, Jean Valjean (Hugh Jackman) seorang narapidana melakukan pelanggaran yaitu melarikan diri dari masa pembebasa temporer setelah ditahan selama 20 tahun karena mancuri sepotong roti. Bertahun-tahun setelah kejadian tersebut hidupnya kini berubah drastis. Di lain tempat seorang wanita bernama Fantine (Anne Hathaway) yang bekerja di sebuah pabrik mengalami pemecatan dan harus menjadi seorang pelacur demi memenuhi janjinya untuk merawat putrinya bernama Cosette (Isabelle Allen). Janji tersebut kemudian mengubah hidup Jean Valjean dan puncaknya di saat June Rebellion yang beraksi pada tahun 1832.

Melihat nama sutradaranya yakni Tom Hooper dari awal sudah yakin akan terpuaskan dengan film ini. Prediksi saya tepat. Pemenang empat piala Oscar untuk film The King’s Speech itu berhasil membawa Les Misérables yang telah sukses diadaptasi dalam berbagai bentuk film termasuk populer versi Broadway, menjadi salah satu film musikal yang memukau yang pernah saya tonton. Metode baru yang digunakan Tom Hooper dalam sejarah film musikal yaitu mengharuskan aktor-aktrisnya bernyanyi live dengan mendengarkan alunan piano dari ear piece yang mereka pakai menambah hebatnya film ini. Jangan ragu akan bosan karena sinematografinya disuguhkan dengan begitu cantik.

les-mis-eponin-mariusFilm ini tidak semata-mata tentang kinerja Tom Hooper yang luar biasa itu tetapi juga mengenai penampilan para casts-nya yang juga memukau. Siapa yang tidak mengagumi akting brilian Hugh Jackman sebagai Jean Valjean? Pesona Anne Hathaway yang tak terelakkan dimana saya berkali-kali bergumam dalam hati memuji performanya. Beberapa nama lain juga berkontribusi baik seperti Russel Crowe, Eddie Redmayne, Samantha Barks dan Helena Bonham Carter yang gila itu. Penampilan mereka semakin mendapat dukungan dari tembang-tembang melegenda seperti Bring Him Home, One Day More, dan I Dreamed a Dream.

Les Misérables sulit untuk tidak disukai. Sineas bertangan dingin, Tom Hooper tidak diragukan lagi mengulang keberhasilan yang sama ketika menggarap The King’s Speech. Berkomposisikan rentetan nama tenar berkaliber Oscar dan metode baru yang tentunya memiliki tantangan tersendiri ketika diaplikasikan kedalam jenis film musikal,  Les Misérables unggul sebagai peraih penghargaan film khususnya kedua bintang yang paling menonjol dari film ini, Hugh Jackman dan Anne Hathaway. Jelas salah satu film terdepan untuk genre musikal.

Iklan