REVIEW : KATA HATI (2013)


katahati-posterCast : Joanna Alexandra, Boy Hamzah, Kimberly Ryder, Dina Anjani, Andi Peppo, Arnhezy Arczhank, Maxime Bouttier, Joe Project Pop.

Director : Iqbal Rais.

Genre : Drama, Romantic, Comedy.

Running time : 90 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

3cinemaylo114

Lagi, film berdasarkan novel kembali disuguhkan sineas film Indonesia. Perlu menjadi catatan bahwa film dengan treatment sejenis tidak sepenuhnya meraih sukses. Gagalnya sebuah film berdasarkan novel tentunya dipengaruhi oleh proses adaptasinya. Namun beberapa alasan membuat hal tersebut seakan tidak berlaku. Misalnya saja terkait kepopuleran novel yang diangkat. Tidak perduli berhasil atau tidak proses adaptasi tersebut, filmnya tetap akan diminati. Kali ini Iqbal Rais yang lebih dikenal dengan karya-karyanya dalam genre komedi mencoba peruntungannya lewat drama romantis yang dirilis tepat dimomen spesial hari kasih sayang bertajuk Kata Hati. Pertanyaannya, mampukah film ini menjadi karya yang diminati?

Kata HatiRandi (Boy Hamzah) adalah seorang fotografer yang tengah terluka setelah ditinggal kekasihnya, Dera (Kimberly Ryder) yang memilih mengejar kariernya sebagai model. Satu tahun ditinggal Randi kemudian bertemu Fila (Joanna Alexandra) yang tengah mengalami kondisi serupa akibat ketidak beraniannya untuk menyatakan cinta kepada Adrian (Arnhezy Arczhank) sahabat yang selama ini dicintainya. Berawal dari hobi fotografi yang sama, hubungan Randi dan Fila menjadi semakin dekat. Situasi beranjak sulit ketika Dera kembali kekehidupan Randi. Kini Randi dihadapkan pada kenyataan untuk memilih hati. Akankah Randi kembali ke pelukan Dera atau malah memantapkan hatinya pada Fila?

Entah sudah berapa kali formula demikian digunakan dalam film. Mengetahui hal tersebut saya lantas pesimis dengan film ini. Dengan niat membuktikan kepesimisan yang ada, saya mencoba menontonnya dengan tidak berekspektasi apa-apa. Hasilnya mengejutkan karena Kata Hati mampu tersaji dengan baik dan menjadi film yang menyenangkan untuk ditonton. Meski premisnya sudah sangat mudah ditebak, Iqbal Rais mampu bertutur dengan cara yang pas sehingga film ini jauh dari kata membosankan. Setting Jogjakarta berhasil dimaksimalkan sehingga tidak terasa hanya tempelan belaka. Pujian juga jelas layak ditujukan kepada Haqi Ahmad yang kinerjanya sangat berpengaruh dalam film ini. Haqi berhasil mengadaptasi novel karya Bernard Batubara menjadi naskah yang manis. Beberapa kali unsur komedi diselipkan terbukti mampu menghibur penontonnya.

kata-hati2Kata Hati juga beruntung diisi oleh pemain-pemain yang mampu tampil baik sesuai porsi masing-masing. Meski penggunaan logat keduanya tidak konsisten Joanna Alexandra dan Boy Hamzah mampu membangun chemistry yang cukup believeable. Kimberly Ryder sulit untuk dikatakan buruk karena tidak hanya tampil cantik sepanjang film tetapi ia juga memberikan penampilan yang lebih baik dari film. Dina Anjani dan Andi Peppo tak terbantahkan adalah dua nama yang hadir sebagai kekuatan film ini.

Penyutradaraan apik dari Iqbal Rais ditunjang keluwesan naskah yang ditulis Haqi Ahmad serta performa para cast yang tidak mengecewakan menjadi nilai plus yang dimiliki film ini. Saya sendiri tidak mampu mengukur film ini dengan novelnya karena belum membacanya namun jika menilainya sebagai film utuh Kata Hati jelas film yang berhasil mencuri perhatian meski dengan formula yang begitu klise. Jika anda tengah mencari drama romantis yang manis sekaligus menghibur film ini jelas direkomendasikan. Bukan sebuah karya yang sempurna namun mampu. Well done!

Iklan