REVIEW : FLIGHT (2012)


posterflightCast : Denzel Washington, Kelly Reily, Don Cheadle, Nadine Velazquez, Mellisa Leo, Bruce Greenwood, Brian Geraghty, John Goodman, Tamara Tunie.

Director : Robert Zemeckis.

Genre : Drama.

Running time : 138 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!3531

 

Robert Zemerckis terakhir kali membesut film live action pada tahun 2000 berjudul Cast Away dimana film tersebut menandai kolaborasi keduanya dengan Tom Hanks. Kala itu Zemerckis mendapat pujian dari kritikus dan keuntungan finansial yang luar biasa besar dari bujet yang ia keluarkan. Setelah kesuksesan tersebut Zemerckis kebanyakan menyutradarai film-film animasi komputer yang sayangnya terbilang gagal baik secara pendapatan maupun respon dari kalangan kritikus. Dengan menggandeng aktor kaliber Oscar Denzel Washington, Flight menjadi comebacknya Zemerckis menyutradarai film live action. Apakah akan sebaik pencapaiannya 12 tahun silam? Atau malah melebihi?

FlightWilliam “Whip” Whitaker (Denzel Washington) adalah seorang pilot maskapai penerbangan yang memiliki jam terbang yang tinggi. Pada suatu penerbangan kejadian tak terduga membuatnya menjadi pahlawan bagi masyarakat Amerika. Aksi heroiknya yang berhasil menyelamatkan 98 orang dari total 106 penumpang termasuk awak pesawat mendapat pujian. Namun disamping itu Whip merasakan kecemasan luar biasa. Bukan karena ketenaran yang tiba-tiba menghampirinya melainkan hasil investigasi yang membuktikan dirinya dalam pengaruh alkohol ketika menerbangkan pesawat tersebut dapat menjeratnya ke meja hokum dan mematikan karirnya.

Ada yang mengatakan film ini terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi pada tahun 2000 dimana seorang kapten bernama Robert Piche berhasil mendaratkan pesawat berisi 306 penumpang yang mengalami kendala saat kekurangan bahan bakar. Kehidupannya secara otomatis menjadi sorotan termasuk masa lalunya yang terkuak ke permukaan. Benarkah Flight terinspirasi dari kejadian itu? Terlepas iya atau tidak saya mengakui bahwa Zemerckis dengan detail menyuguhkan sebuah film drama yang sangat menarik. 10 menit awal benar-benar tampil menegangkan dan memainkan emosi penonton. Patut disayangkan karena di Indonesia sendiri film ini mengalami sensor di menit-menit awal yang justru menjadi kunci utama film ini.

flightttPenulis naskah Joh Gatins dengan cerdik menghadirkan konflik demi konflik yang menarik didukung dengan karakter-karakter yang kehadirannya tidak satupun percuma. Gatins menuturkan kisah hidup Whip dengan cerdas dan menggunakan ritme yang pas sehingga menjadi mudah diikuti penontonnya. Sajian aksinya sendiri memang tidak seimbang dengan dramanya tidak menjadi masalah karena memang film ini diciptakan bukan untuk menjadi film drama dengan aksi yang menghibur melainkan film drama dengan eksekusi yang baik dan mampu menghibur.

Flight juga menandai kolaborasi Denzel Washington dan John Goodman yang seolah reuni dalam film ini. Terakhir membintangi Safe House beberapa bulan yang lalu, Washington berhasil memberikan penampilan terbaik yang dimilikinya. Secara tidak langsung film ini tentu telah memberikan kredit positif untuk karir Washington yang dinilai mulai menurun popularitasnya. Memerankan Whip dengan begitu apik, wajar jika dirinya diganjar nominasi diberbagai penghargaan film tahun ini. Kelly Reily menjadi pendamping Washington disini. Meski termasuk minim adegan kontribusinya dalam film ini tidak bisa dianggap remeh.

Flight movieFilm ini menjadi penting bagi kiprah seorang Robert Zemerckis. Comebacknya jelas sukses setidaknya berhasil mengangkat kembali namanya dalam jajaran sutradara. Menyutradarai animasi komputer dan menjadi produser di sejumlah film beberapa tahun belakangan ini seolah memantapkan langkahnya dalam menggarap film yang diakui Washington memakan waktu selama 12 tahun untuk dibuat. Bukan waktu yang sebentar namun dengan semua yang tersaji dalam film berdurasi 139 menit ini semuanya seolah terbayar. 

Iklan