REVIEW : ZERO DARK THIRTY (2012)


zero-dark-thirty-posterCast : Jessica Chastain, Jason Clarke, Joel Edgerton, Kyle Chandler, Jennifer Ehle, Chris Pratt, Reda Kateb.

Director : Kathryn Bigelow.

Genre : Drama, History, Thriller.

Running time : 157 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

45

Film ini mungkin menjadi film Kathryn Bigelow yang paling banyak meninggalkan kesan sebelum filmnya dibuat kemudian dirilis. Kisah perburuan Osama Bin Laden tentunya sebuah kasus besar yang dirasakan masih terlalu baru untuk diangkat menjadi sebuah film. Terlebih lagi banyaknya kontroversi yang terjadi perihal rahasia tentang penyelidikan teroris nomor wahid tersebut yang menyangkut peran Obama sendiri sebagai sumber untuk pembuatan film ini. Namun hal tersebut rasanya tidak begitu harus menjadi penting karena yang menyutradarainya adalah sutradara perempuan pertama yang mendapat Oscar dimana akan menarik untuk menyimak kiprah terbarunya lewat film drama-thriller berjudul Zero Dark Thirty.

zero-dark-thirty-2012-img02Maya (Jessica Chastain) adalah seorang agen CIA yang sedang dalam misi menemukan orang paling yang meresahkan Amerika, Osama Bin Laden. Perburuan berlangsung dari tahun 2003. Misi tersebut tidaklah mudah terbukti ia harus kehilangan beberapa temannya Dan (Jason Clark) yang memutuskan untuk berhenti melanjutkan tugas dan juga Jessica (Jennifer Ehle) yang tewas dalam upaya tersebut. Kondisi yang semakin berat dirasakan Maya ketika kehilangan kepercayaan orang-orang yang mulai lelah untuk melacak keberadaan Osama. Pada situasi sulit dimana pengeboman oleh teroris masih terus terjadi, Maya bangkit untuk membentuk rencana-rencana baru dan membuktikan bahwa teroris-teroris tersebut bisa mereka musnahkan.

Jujur saja dua setengah jam bukanlah waktu yang singkat untuk sebuah film drama. Saya sempat berpikir sebelum menontonnya mengingat tidak sedang dalam keadaan segar bugar. Lantas apa yang terjadi saat menonton film ini? Mengantuk atau bosan? Tidak sama sekali. Bigelow dengan lugas menyuguhkan gambar demi gambar dengan sangat baik dan meyakinkan. Mark Boal yang bertindak sebagai penulis naskah bertutur menggunakan alur maju secara runut menggambarkan kejadian demi kejadian yang berlangsung selama 12 tahun lamanya. Perlu diingat bahwa meski didukung dengan fakta-fakta yang ada, Zero Dark Thirty tentu tidak lepas dari dramatisasi disana-sini terlebih pada karakter Maya yang khusus diciptakan sebagai leading dalam film ini. Hal tersebut tidaklah menjadi masalah karena film ini tidak dimaksudkan untuk mendekati apalagi menjadi dokumenter melainkan memang murni film yang tujuannya menghibur.

1134604 - Zero Dark ThirtyZero Dark Thirty cukup mengintimidasi saya dalam beberapa scenenya. Adegan penyergapan Osama Bin Laden di Abbotabad, Pakistan pada bagian akhir film menjadi puncaknya. Tidak hanya terintimidasi oleh tembakan dan ledakan-ledakan yang terjadi sepanjang film, keberhasilan Bigelow dalam menjaga ritme film juga menimbulkan rasa penasaran akan apa yang selanjutnya terjadi. Sensasi tersebut jelas terasa. Perihal ledak-meledak Bigelow tentu jagonya. Adegan penyiksaan tahanan CIA yang menjadi topik panas di Amerika karena dinilai sedikit berlebihan justru sukses menunjukkan ambiguitas moral yang terjadi dalam masa pencarian teroris. Dalam adegan tersebut Bigelow menggambarkannya dengan lantang. Sadis memang.

Jessica Chastain jelas bintang dalam film ini. Selain memang karakternya yang mendominasi, ia berhasil memberikan penampilan yang sangat meyakinkan sebagai seorang agen CIA. Akting ciamiknya terlihat disepanjang film. Dalam proses panjang menemukan target utama Chastain menampilkan sosok yang cerdas, tangguh namun terkadang rapuh dengan amat sangat baik. Meski kabarnya Rooney Mara adalah pilihan pertama untuk menjadi pemeran Maya, Chastain membuktikan bahwa ia mampu mempresentasikan karakter fiktif ciptaan Bigelow tersebut dengan brilian sehingga pantas untuknya menerima nominasi bahkan mungkin memenangkan kategori best actress untuk beberapa ajang perfilman tahun ini.

1134604 - Zero Dark ThirtyDalam durasi yang cukup lama film ini jelas sukses menyuguhkan kisah kasus besar Osama Bin Laden dengan eksekusi yang sangat memuaskan. Tidak mengherankan karena sang sutradara sendiri memang belakangan ini terkenal senang mengangkat sisi humanis yang kental kedalam filmnya termasuk The Hurt Locker (2008) yang memenangkan Oscar untuk film terbaik. Zero Dark Thirty tidak hanya semata-mata sebuah tontonan sejarah yang mampu menghibur melainkan juga berkualitas tinggi yang membuat saya tidak sabar untuk menunggu karya-karya Kathryn Bigelow selanjutnya.

Iklan