REVIEW : BEAUTIFUL CREATURES (2013)


beautiful creaturesCast : Alden Ehrenreich, Alice Englert, Jeremy Irons, Viola Davis, Emmy Rossum, Thomas Mann, Emma Thompson.

Director : Richard LaGravenese.

Genre : Fantasy, Drama, Romance.

Running time : 124 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

3cinemaylo114

Kesuksesan luarbiasa yang diraih Twillight harus diakui mendorong banyak sineas Hollywood untuk berlomba-lomba memproduksi film sejenis dengan harapan akan menggantikan saga yang telah berakhir diakhir tahun lalu tersebut. Namun dari semua film yang bertujuan demikian, tidak semuanya bernasib mujur. Sebut saja I Am Number Four yang rilis mencoba untuk menjadi pesaing Twillight namun gagal dipasaran sekaligus menuai respon kurang menggembirakan dari kalangan kritikus. Di tahun ini beberapa film dengan formula sejenis siap beradu. Cathcing Fire merupakan sekuel The Hunger Games yang menuai tanggapan positif akan hadir diakhir tahun, The Host yang diadaptasi dari novel karya Stephenie Meyer juga akan segera dirilis. Sebelum kedua kompetitor tersebut rilis, Beautiful Creatures yang merupakan buku pertama dari seri The Caster Chronicles mencoba peruntungan terlebih dulu.

beautiful-creatures-img05Ethan Wate (Alden Ehrenreich) adalah pemuda 17 tahun yang akan segera memasuki tahin keduanya di Stonewall Jackson High School di kota kecil Gatlin, South California. Disana ia bertemu dengan Lena Duchaness (Alice Englert) seseorang yang diyakininya merupakan gadis yang mengisi mimpi-mimpi anehnya selama berbulan-bulan. Status Lena yang merupakan keponakan dari Macon Melchizedek Ravenwood (Jeremy Irons) pria tua aneh yang mempunyai kemampuan sihir, membuat Lena dijauhi orang-orang sekitarnya. Ethan tertarik dan kemudian mendekati Lena yang ternyata seorang Caster alias penyihir. Kebersamaan Ethan dan Lena terancam karena momen ulang tahun ke-16 yang menandai kegelapan hidup Lena. Ethan dengan segala upayanya berusaha mengyelamatkan Lena, gadis yang kini dicintainya.

Sulit dipungkiri, diawal menyaksikan film ini mungkin anda dengan mudah teringat akan saga Twillight. Namun pada akhirnya Beautiful Creatures perlahan-lahan mampu ‘lepas’ dari  bayang-bayang saga yang memasang Robert Pattionson dan Kristen Stewart sebagai leading tersebut. Sang sutradara yang juga menulis naskahnya tidak begitu muluk-muluk, tidak banyak merubah apa yang terdapat pada novelnya meskipun perubahan dari sebuah novel yang diadaptasi menjadi film tentu ada. Hal tersebut sah-sah saja selama dua karya (film dan novel) mampu saling melengkapi dan menjadikan keduanya tidak mutlak menjadi perbandingan. Dalam hal ini rasanya Beautiful Creatures diadaptasi dengan cukup baik.

beautiful-creatures-2Alden Ehrenreich dan Alice Englert terbilang berhasil meyakinkan saya sebagai penontonnya dengan chemistry yang pas. Hebatnya mungkin bagi Ehrenreich karena ia bergabung dalam film ini seminggu sebelum film ini diproduksi pasca hengkangnya Jack O’Connell dikarenakan masalah jadwal. Viola Davis memang tidak lebih mempesona dalam penampilannya di The Help tapi kontribusinya sebagai pendukung film jelas masih dalam kualitas diatas rata-rata. Emmy Rossum dengan balutan make-up dan kostum yang memadai mampu tampil sebagai antagonis yang menyebalkan. Terlebih bagi Emma Thompson. Aktingnya benar-benar juara.

Beautiful Creatures mungkin tidak seheboh Twillight tapi hilangkan rasa pesimis sebelum menontonnya dan cobalah untuk menikmatinya. Apa yang tersaji dalam film ini pada kenyataannya berhasil menghibur. Apalagi bagi saya yang menekan ekspektasi terhadap film ini dikarenakan gaung filmnya yang kurang terdengar. Genre fantasi dari novel young adult berhasil diadaptasi LaGravenese dengan cukup apik. Penggunaan green screen yang kabarnya diminimalisir Gravenese patut diapresiasi. Adegan meja makan yang berputar-putar dilakukan secara sungguhan dan memakan waktu 3 hari untuk satu adegan itu saja. Is it cool? So, bagi anda yang gemar akan film fantasi dengan balutan drama percintaan remaja film ini jelas menjadi salah satu rekomendasi.

Iklan