REVIEW : OBLIVION


oblivionposter1Cast : Tom Cruise, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough, Morgan Freeman, Melissa Leo, Nikolaj Coster-Waldau.

Director : Joseph Kosinski.

Genre : Science-Fiction, Action, Adventure.

Running time : 124 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

3cinemaylo1141

Tahun 2013 menjadi tahun persaingan tiga film besar yang sudah dinanti-nantikan kehadirannya, After Earth, Elysum dan Oblivion yang sama-sama mengusung setting post-apocalyptic Earth atau kehancuran bumi. Dilihat dari trailernya yang rilis Desember 2012, Oblivion menjanjikan banyak hal, science-fiction dengan premis segar dan tentunya visual effect yang menakjubkan. Nama Tom Cruise dan Morgan Freeman juga menjadi daya tarik besar disamping Olga Kurylenko yang karirnya semakin menanjak setelah bermain dalam film James Bond. Sebelum kedua film pesaing rilis, patut kita simak bagaimana Konsinski yang sebelumnya berhasil memanjakan mata lewat Tron: Legacy, mencoba kembali memuaskan penikmat film khususnya film fiksi ilmiah.

Oblivion22Berkisah tentang Bumi yang mengalami kehancuran ditahun 2073 membuat planet sudah tidak lagi dihuni setelah mendapat serangan dari alien bernama Scavengers, 60 tahun yang lalu. Manusia-manusia yang tersisa kemudian tinggal di sebuah tempat 150 meter di atas permukaan tanah. Jack Harper (Tom Cruise) bersama Victoria (Andrea Riseborough) tinggal di sebuah tempat canggih. Harper bekerja sebagai ahli reparasi yang masih ditugaskan di Bumi untuk memperbaiki robot-robot pengintai sementara Victoria mengontrol segala aktivitas selagi Harper bertugas. Mereka tengah menyelesaikan misi dimana mereka dijanjikan akan bergabung kedalam penghuni Titan, bulan terbesar di gugusan Saturnus. Namun semuanya berubah ketika Julia (Olga Kurylenko) diselamatkan oleh Harper. Julia kemudian menjadi pembuka dari fakta demi fakta mencengangkan yang selama ini tidak disadari Harper maupun Victoria.

Oblivion hadir sebagai film orisinal dan baru bagi penggemar film fiksi ilmiah. Meski sebenarnya tidak benar-benar orisinal (karena merupakan adaptasi dari novel grafis karya Konsinski sendiri). Status novel yang belum pernah dipublikasikan membuat premis film ini menjadi sangat baru bagi penikmat film dunia. Visual yang mengagumkan dan segala macam kecanggihan yang ada didalam film memang tidak dipungkiri amat memanjakan mata. Penonton diajak untuk menikmati ‘kisah baru’ yang disajikan dengan gambar-gambar yang indah. Namun orisinalnya cerita yang ditawarkan tidak menjadi begitu spesial lagi ketika Konsinski memulai filmnya dengan cukup lambat berpotensi membuat penonton merasa bosan.

oblivion12Siapapun rasanya akan sangat iri dengan Harper yang dimainkan dengan cukup baik oleh Tom Cruise; tinggal disebuah medium canggih yang jauh dari udara kotor lengkap dengan wanita secantik Victoria. Cruise bermain cukup baik meski tidak spesial namun tetap menjadi pusat dari sebuah film. Batalnya Jessica Chastain yang sebelumnya telah bergabung sebagai cast untuk peran Julia membuat nama Olga Kurylenko menjadi penggantinya. Namun Kurylenko di film ini tidak mampu memberikan penampilan maksimal, sama halnya dengan Morgan Freeman yang tidak diberikan banyak porsi untuk tampil maksimal. Andrea Riseborough yang dibebankan tokoh yang nyaris tanpa tantangan, didukung dengan paras cantik memerankan Victoria dengan sangat pas.

Terdapat beberapa twist yang hadir di film ini. Tidak begitu mengejutkan lagi karena pada dasarnya sudah pernah dan sering dilihat di film bergenre sejenis. Pada akhirnya Oblivion menjadi film dengan presentasi cukup baik khususnya bagi penggemar film fiksi ilmiah. Konsinski menyuguhkan sebuah film dengan ide orisinal yang mencoba menghibur namun sayangnya belum mampu secanggih atau lebih menakjubkan dari visualnya. Tom Cruise yang dipercaya sebagai magnet film ini (lagi-lagi) bermain dalam format one main show, tidak memberikan penampilan yang spesial dari apa yang sebelumnya pernah saya saksikan meskipun juga tidak sampai dalam kategori mengecewakan.

Iklan