REVIEW : FAST & FURIOUS 6


ff6Cast : Vin Diesel, Paul Walker, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Dwayne Johnson, Tyrese Gibson, Sung Kang, Ludacris, Gal Gadot, Luke Evans, Joe Taslim.

Director : Justin Lin.

Genre : Action, Crime, Thriller.

Running time : 130 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

3cinemaylo114

Dalam rentang waktu 12 tahun, franchise The Fast and the Furious telah mencapai jilid enam. Bisa disumpulkan bahwa hal tersebut tidak lepas dari kesuksesan filmnya  secara finansial membuatnya terus diproduksi. Tidak peduli kualitas yang semakin turun atau membaik, keuntungan besar yang diraih dari jumlah penonton selalu membuka kemungkinan lebar untuk sebuah film dibuat atau dilanjutkan kisahnya. The Fast and the Furious menjadi salah satu dari sekian banyak jenis franchise yang tergolong berhasil. Bagaimana installment keenam ini memuaskan para penggemar sekaligus mungkin kritikus mengingat film tipikal seperti ini tidak dipungkiri memang memiliki potensi besar untuk mengeruk keuntungan meski terkadang mendapat hasil yang tidak sebanding dengan penilaian para kritikus?

fast-and-furious-6Dominic Toretto (Vin Diesel) bersama teman-temannya tengah menikmati uang sebesar $100 juta hasil curiannya. Dom kemudian didatangi oleh seorang Agen DEA, Luke Hobbs (Dwayne Johnson) yang menjanjikan pembersihan catatan criminal Dom dan kawan-kawan dengan syarat membantu Hobbs dalam peringkusan mantan special ops order dibawah pimpinan Owen Shaw (Luke Evans) kini beralih menjadi grup criminal yang sering melakukan pencurian barang dan uang dalam jumlah yang besar. Awalnya Dom menolak namun informasi tentang Letty (Michelle Rodriguez) kekasihnya yang ternyata masih hidup mau tidak mau memaksa Dom mengajak kawan-kawannya untuk membantu Hobbs sekaligus membuktikan kebenaran informasi tersebut.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa dari kelima sekuel yang telah dirilis, Fast Five yang diluncurkan pada tahun 2011 menjadi angin segar bagi franchise ini. Ditengah-tengah fokus cerita yang semakin tidak jelas mempengaruhi kualitas film secara keseluruhan, Fast Five yang hadir dengan tema heist yang masih dihiasi dengan balapan-balapan liar yang menjadi ciri khas dari franchise ini. Jilid kelimanya dianggap sebagai sebuah transisi dari tema balapan liar menuju tema heist. Melihat kesuksesan sebelumnya, Justin Lin fokus pada tema heist dan bisa dibilang meninggalkan seluruh jenis balapan liar yang pada film sebelumnya terhitung masih cukup mendominasi.

FF6HFormula lebih ampuh digunakan Justin Lin dalam Fast and Furious 6. Balapan liar tidak lagi disajikan secara utuh, Lin benar-benar fokus akan tema ‘pencurian’ dengan sengaja membuat terobosan membangkitkan karakter Letty yang diceritakan telah meninggal. Penulis naskah Chris Morgan menyelipkan banyak unsur komedi yang porsinya efektif lewat dialog-dialog dari mulut Roman Pearce sukses ‘menghibur’ sepanjang film. Namun sayang, karakterisasi terhadap villainnya sendiri entah mengapa terasa kurang ‘nampol’. Apalagi mungkin bagi penonton Indonesia yang sibuk memperhatikan Sersan Jaka berakting di film yang menjadi debut internasionalnya.

Sebenarnya apa yang disajikan dalam jilid keenam ini masih akan terasa sama dengan sebelum-sebelumnya; penampakan mobil-mobil mewah, adegan baku hantam yang seru, dan kejar-kejaran yang mampu memacu adrenalin. Namun sekali lagi ‘heist’ disini menjadi sangat menarik bagi yang sudah bosan dengan empat film yang menyuguhkan tema balapan liar dihiasi wanita-wanita cantik nan seksi atau mungkin yang belum puas dengan Fast Five karena tema heist sendiri belum begitu dipertajam oleh Lin. Saya sendiri cukup puas dengan apa yang tersaji dalam durasi yang terbilang cukup panjang, 130 menit. Naskahnya apik, adegan demi adegan masih tetap mampu memberikan ketegangan meski tidak perlu berharap lebih akan castsnya. Diesel, Walker, Johnson, Rodriguez dan nama-nama lain sudah cukup memukau dalam ‘beraksi’. Spesial bagi Indonesia yang seakan mendapat bonus penampilan Joe Taslim yang mampu membanggakan, berdiri kokoh sebagai salah satu cast yang perannya tidak bisa dianggap remeh disini. Dialog singkat “hantam mereka” akan menjadi salah satu memorable scene dari film aksi Hollywood yang pernah kita saksikan mungkin.

Iklan