REVIEW : THE CONJURING


246460id1c_Conjuring_INTL_27x40_1Sheet.inddCast : Vera Farmiga, Patrick Wilson, Ron Livingston, Lily Taylor, Mackenzie Foy, Joey King, Shanley Caswell, Hayley McFarland, Kyla Deaver.

Director : James Wan.

Genre : Horror, Thriller.

Running time : 112 minutes.

Rate Description  :

O: Rubbish / 1: Dissapointing /  2: Ordinary / 3: Good /  4: Very Good / 5: Outstanding!

4

Jika diberikan pertanyaan berbunyi film horor apa yang paling mencekam versi Anda, saya pribadi akan menjawab Insidious untuk pertama kali, kemudian diikuti dengan beberapa judul-judul lain. Insidious yang sejatinya merupakan film berbujet rendah berhasil memukau pada tahun 2011 lalu dan menjadi film dengan keuntungan bersih terbesar pada tahun 2011. Hasil tersebut tidak mengherankan karena atmosfer horor didalamnya begitu berhasil menakut-nakuti penontonnya bahkan mendapat rating bagus dari kalangan kritikus. Lalu siapa yang paling bertanggung jawab atas ‘kegelisahan’ yang disebabkan Insidious kala itu? Jelas, sutradara keturunan Malaysia-Australia, James Wan. Setelah keberhasilan luar biasa dua tahun lalu, hadir kembali film serupa yang masih dibesut oleh sutradara yang sama berjudul The Conjuring.

theconjuringfilmBerkisah tentang kehidupan rumah tangga Roger (Ron Livingston) dan Carolyn (Lily Taylor) yang memutuskan untuk pindah rumah. Mereka membawa kelima anak mereka untuk menempati rumah yang baru mereka beli dengan harga murah yang terletak di daerah perkebunan Rhode Island. Awalnya semuanya berjalan seperti biasa namun hal-hal aneh mulai menghantui penghuni seisi rumah. Tidak tahan terus menerus dihantui, Carolyn menemui pasangan paranormal terkenal Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam rumah tersebut. Setelah mengetahui bahwa sang ‘penunggu’ merupakan ‘lawan berat’ karena menyimpan kebencian mendalam, Ed dan Lorraine yang sudah berpuluh-puluh tahun menangani kasus makhluk gaib harus menghadapinya dengan waspada apalagi ketika keselamatan anaknya ikut terancam.

Masih dengan premis yang sebelumnya sudah sering kita saksikan kurang lebih tentang sebuah rumah misterius yang dibeli sebuah keluarga yang memiliki anak-anak kecil yang nantinya akan menjadi ‘magnet’ dalam penceritaannya. You know what I mean, kehadiran anak-anak dalam film horor sudah merupakan barang wajib yang pada umumnya akan menjadi ‘jembatan’ antara ‘penunggu’ dan si penghuni baru. Lantas apakah The Conjuring hanya mengulang apa yang sebelumnya sering kita saksikan? Tidak juga. Lalu apa yang membuat karya penyutradaraan keenam James Wan ini menjadi spesial? Jawabannya adalah naskah yang apik. Terinspirasi dari kisah nyata pasangan suami-istri paranormal Ed-Lorraine Warren yang telah menyelidiki kasus alam gaib selama 20 tahun, duo Chad Hayes dan Carey Hayes berhasil menyuguhkan naskah yang ide dasarnya tidaklah baru namun tetap menarik untuk diikuti.

the_conjuring_38231Keterlibatan Patrick Wilson sebagai Ed tidak lagi menjadi surprise. Seperti yang kita ketahui, Wilson mengisi peran dalam Insidious dengan performa yang memuaskan. Namun hal tersebut tidak semerta-merta membuktikan anggapan bahwa dirinya mengisi peran Ed hanya karena telah menjadi partner Wan dalam film sebelumnya. Wilson memberikan penampilan yang meyakinkan sebagai seorang cenayang professional yang siap membantu siapa saja yang mendapat terror makhluk gaib. Hadirnya Vera Farmiga sebagai Lorraine semakin membuat film ini menambah kuat jajaran cast. Wilson-Farmiga berhasil mengerjakan tugasnya dengan baik. Ron Livingston dan Lily Taylor sebagai pasangan Roger-Carolyn Perron tidak tampil mengecewakan. Pemeran anak-anak dalam film ini, khususnya April mampu mengintimidasi saya dengan dialog-dialog polos layaknya anak-anak didalam film sejenis lainnya.

Overall, The Conjuring mungkin tidak seseram Insidious yang menghantui penontonnya dengan tingkat intensitas yang tinggi namun apa yang tersaji dalam 112 menit sangatlah worth it to watch. Dengan ritme yang pas, naskah apik, sinematografi yang indah sekaligus mencekam, dan jajaran pemain yang memberikan penampilan memuaskan sesungguhnya The Conjuring adalah suguhan yang sekali lagi luar biasa dari seorang James Wan (bahkan mungkin lebih terasa real dibandingkan Insidious). Mengangkat kisah nyata perjalanan karir pasangan paranormal dan dengan elemen horor klasik, The Conjuring jelas merupakan tontonan yang wajib bagi Anda khususnya untuk para penikmat film horor. Anggap saja pemanasan sebelum menikmati Insidious: Chapter 2 yang sebentar lagi akan menghantui Anda.

Iklan